10 Langkah Mudah Cara Mengisi Freon AC Mobil

10 Langkah Mudah Cara Mengisi Freon AC Mobil

Ad

Cara mengisi freon AC mobil sebenarnya tidaklah sesulit yang anda bayangkan. Jadi jangan khawatir bila anda tidak sempat datang ke bengkel mobil untuk mengisi ulang Freon AC pada mobil anda. Ketika mobil anda sudah mulai terasa panas walaupun sudah menyalakan AC, hal tersebut merupakan tanda-tanda freon AC anda sudah mulai habis, anda pun dapat menggantinya sendiri tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan dengan membawanya ke bengkel untuk diganti oleh montir bengkel. Untuk mobil-mobil baru, bukan mobil lama keluaran tahun 1990-an, freon AC sudah menggunakan sistem pentil seperti pentil ban. Dengan begitu anda bisa mengganti freon AC dengan mudah, bahkan pemula seperti anda bisa menggantinya tanpa ada masalah.

 

Sebenarnya untuk mengetahui seberapa banyak freon AC yang harus anda tambahkan, pertama anda harus bisa membaca Manifold atau alat ukur tekanan freon yang ada di mobil, anda juga harus mengetahui jumlah maksimal freon AC yang diperbolehkan masuk ke kompresor. Setelah itu cara mengisi freon AC mobil pun terlihat sangat sepele. Alat-alat yang harus anda persiapkan untuk mengganti freon AC pun juga tidak terlalu mahal dan anda bisa membelinya secara online apabila anda sangat sibuk sehingga tidak sempat membelinya ke toko. Beberapa alat yang harus anda miliki adalah Manifold (alat ukur tekanan freon AC), Flaring (alat pelebar diameter pada pipa), Kunci inggris ukuran 10 inci dan 12 inci, kunci pas 1 set, tabung refrigerant (disesuaikan menurut tipe AC pada mobil anda), tang amper atau bisa menggunakan clamp meter dan yang terakhir adalah obeng 1 set.

 

Setelah anda memiliki seluruh peralatan dan bahan yang dibutuhkan, berikut akan dijelaskan cara mengisi freon AC mobil dengan lengkap.

  1. Langkah pertama adalah menghidupkan AC pada mobil anda. Lalu gunakan kunci inggris untuk membuka penutup service valve yang ada di pipa besar.
  2. Hubungkan selang manifold yang berwarna biru (untuk low pressure) ke service valve tadi yang sudah dibuka.
  3. Selanjutnya pasang selang manifold yang berwarna kuning ke tabung refrigerant. Nantinya service valve berada di posisi sebelah kiri dan tabung refrigerant yang akan berada di tengah manifold. Pastikan seluruh kran manifold sudah tertutup ketika proses pemasangan sudah selesai.
  4. Langkah berikutnya adalah melakukan deteksi dengan mengecek tekanan freon AC.
  5. Jika hasil pengecekan ternyata tidak ada tekanan, maka ada kemungkinan bila terjadi kebocoran pada sistem AC mobil anda. Anda dapat mencari letak kebocoran tersebut dengan cara mengusapkan air sabun menggunakan kuas ke seluruh permukaan AC mobil perlahan-lahan. Ketika ada bagian yang bocor, maka akan terbentuk gelembung sabun. Jika terjadi kebocoran, anda harus melakukan pengelasan dan segera buang sisa freon AC yang ada. Ketika sudah dilas, anda harus mem-vakum hingga mencapai 30”.
  6. Kemudian pasang selang manifold biru ke pentil pengisian freon dan selang yang berwarna kuning dipasang ke tabung freon.
  7. Buka penutup kran nepel yang berukuran 3/8 dengan menggunakan kunci L.
  8. Setelah selesai, nyalakan AC split dan tunggu hingga unit indoor mengalirkan listrik ke outdoor.
  9. Setelah unit outdoor nyala, anda baru bisa melepaskan selang biru untuk mengeluarkan angin. Kemudian anda bisa memasang selang tersebut kembali ke manifold.
  10. Anda bisa mengisi freon dengan memutar kran manifold biru, jangan lupa memperhatikan jarum indikator yang terdapat pada manifold untuk mengetahui seberapa banyak freon yang sudah dimasukkan.
Ad
Authored by: Della Firdatia