5 Cara Membersihkan Mesin Mobil

5 Cara Membersihkan Mesin Mobil

Ad

Seperti yang kita tahu bahwa mesin mobil merupakan salah satu hal yang paling penting dari adanya mobil itu sendiri. Tanpa adanya mesin maka mobil tidak akan bisa berjalan dan digunakan sebagaimana mestinya. Karena mesin merupakan hal yang paling penting dari adanya mobil maka tentu saja kita sebagai pemilik mobil harus bisa menjaga mesin tersebut agar tidak mudah rusak dan akhirnya tidak bisa dipakai lagi. salah satu cara untuk menjaga kesehatan mesin mobil agar tidak cepat rusak adalah dengan rajin merawat dan membersihkannya. Meskipun mesin mobil secara umum berada di bagian dalam mobil namun tidak menutup kemungkinan mesin tersebut akan terkena kotor. Jenis kotoran yang biasanya ada pada mesin tersebut adalah jenis kotoran hasil dari operasi mesin yang terus-menerus digunakan. Akan ada kerak-kerak mesin yang melekat pada bagian mesin akibat seringnya digunakan. Nah untuk membersihkan mobil ini tidak bisa dengan cara yang awuran. Anda harus paham cara membersihkan mesin mobil yang benar.

Banyak orang yang memiliki mobil namun tidak tahu cara membersihkan mesin mobil dengan baik dan benar. Biasanya mereka yang tidak tahu caranya ini akan pergi ke bengkel dan menggunakan jasa pembersih mobil. Tentu hal ini akan dirasa boros jika mesin gampang kotor. Oleh karenanya berikut ini anda bisa menyimak beberapa cara mudah membersihkan mesin mobil agar mesin anda tetap terjaga dan terawat dengan benar meskipun tanpa menggunakan jasa pencuci mobil dan anda pun bisa lebih menghemat pengeluaran anda untuk membersihkan mesin mobil anda. caranya sebagai berikut :

  1. Sebelum anda memulai membersihkan mesin anda maka anda memerlukan beberapa menit untuk melakukan pemanasan pada mobil anda. hal ini dimaksudkan agar kotoran yang menempel pada mesin bisa sedikit terkelupas karena panasnya mesin. Setelah itu anda bisa mematikan mesin dan mulai melakukan langkah awal selanjutnya.
  2. Pada bagian mesin mobil tentu ada bagian tertentu yang merupakan pantangan terkena air. Sehingga bagian tersebut perlu anda lindungi dengan menggunakan bahan anti air dengan cara membungkusnya.
  3. Mulailah dengan membersihkan area yang mudah anda jangkau. Bersihkan dengan cara menyemprotkan air secara perlahan mengguakan aliran air yang tidak besar namun sekiranya bisa membuat mesin bersih. Baru kemudian anda bisa mulai membersihkan bagian-bagian lainnya yang lebih sulit dijangkau.
  4. Pada bagian inti dari mesin mobil ini memang tidak bisa hanya dibersihkan dengan menggunakan air. Sehingga anda bisa menggunakan bahan cairan khusus pembersih mesin inti mobil yang biasa dikenal dengan sebutan engine degreaser. Untuk meratakan cairan khusus ini pada bagian terselubung mesin tersebut maka anda bisa menggunakan kuas yang sekiranya bisa membersihkan bagian-bagian tersebut.
  5. Langkah terakhir merupakan teknik bilas atau mengelap pada bagian yang telah basah. Pada inti mesin yang telah anda beri cairan khusus tadi anda bisa menggunakan semprot air yang akan membuat volum air tidak mengucur terlalu deras. Dan anda bisa mengelapnya kemudian. Anda bisa mengelap bagian-bagian mesin dengan melakukan gerakan membersihkan bagian yang ada kotorannya.

Beberapa cara membersihkan mesin mobil di atas bisa anda terapkan sendiri saat anda tengah berada di rumah dan sedang luang. Selain dapat menghemat pengeluaran anda, membersihkan mesin mobil sendiri akan bisa mengajarkan anda bagaimana cara agar merawat mobil anda dengan baik dan benar.

Ad
Authored by: Della Firdatia