Bagaimana Cara Bayar Pajak Mobil Online Untuk DKI Jakarta ? Berikut Penjelasannya   

Bagaimana Cara Bayar Pajak Mobil Online Untuk DKI Jakarta ? Berikut Penjelasannya  

Ad

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknolog yang semakin maju, membuat segala aktivitas kita sehari-hari menjadi lebih mudah. Salah satunya adalah membayar pajak mobil. Saat ini membayar pajak mobil semakin dipermudah dengan adanya  perkembangan teknologi yang semakin modern. Jika pada umumnya membayar pajak mobil dilakukan secara manual dengan mendatangi samsat di teLmpat atau daerah yang terdekat dengan rumah anda. Namun saat ini, anda bisa membayar pajak mobil secara online. Sangat mudah bukan? Mungkin bagi beberapa orang masih belum mengerti terkait informasi dan perkembangan saat ini. Namun anda juga harus tahu dan merasakan manfaat dan kemudahan dari perkembangan teknologi cara membayar pajak secara online ini. Lalu bagaimana cara bayar pajak mobil online? Daripada penasaran dan bertanya-tanya, langsung saja simak ulasan dan penjelasannya di bawah ini.

 

Saat ini membayar pajak mobil secara onlne sudah tersedia dan bisa anda manfaatkan di beberapa daerah khususnya di kota-kota besar. Saat ini ada 5 provinsi yang telah menyediakan perkembangan teknologi dalam pembayaran pajak ini, salah satunya adalah  provinsi DKI Jakarta, Sebelum anda memanfaatkan kemudahan membayar pajak secara online, pastikan anda telah memenuhi segala persyaratan yang telah ditetapkan. Seperti pembayaran pajak online ini hanya diperuntukkan untuk pajak tahunan. Jadi pembayaran pajak 5 tahunan tidak bia menggunakan fasilitas ini. Nomor polisi hanya bisa diperpanjang setelah 40 hari sebelum masa jatuh tempo berakhir. Anda juga harus memiliki data yang sama dengan data kependudukan yang ada di Dispenduk Capil  serta Di Bank tempat anda membayar pajak.  Pajak yang dibayarkan belum memasuki masa jatuh tempo sampai dengan satu tahun lamanya. Nomor polisi yang terdagtar, yakni nomor polisi untuk daerah Jakarta, Bekasi, Tagerang, dan juga Depok.Serta Nomor polisi yang ada kondisinya harus terdaftar dalam kepolisian dan tidak dalam keadaan diblokir. Jika and amasuk dalam beberapa persyaratan yang telah disebutkan di atas, anda sudah bisa memanfaatkan kemudahan pembayaran pajak online. Berikut adalah beberapa cara bayar pajak mobil online di Provinsi DKI Jakarta yang bisa anda pelajari, dianatarnya yakni:

  1. Anda harus memiliki rekening Bank DKI. Karena pembayaran pajak online ini bekerja sama dengan bank DKI,
  2. Pilih menu pembayaran pada atm untuk pembayaran BPKB atau STNK.
  3. Pilih e-samsat.
  4. Ikutulah petunjuk yang tertera di dalamnya. Setelah rosesnya selesai, mesin akan tertera jumlah tagihan yang harus anda bayarkan di layar atm. Periksa data kendaraan anda, apakah benar kendaraan anda memiliki konsisi seperti yang ada di layar atm atau tidak.
  5. Jika sudah pas dan tepat, anda bisa langsung menyelesaikan pembayaran dengan membayar sejumlah tagihan yang harus anda bayarkan.
  6. Anda juga akan dikenalan tarif administrasi sebesar 2 ribu rupiah.
  7. Simpanlah bukti pembayaran yang telah anda dapatkan, dan transaksi selesai.

 

Jadi seperti itulah tahapan dan cara bayar pajak mobil online di Provinsi DKI Jakarta yang bisa anda pelajari. Bagiamana, sangat mudah bukan?  Dengan adanya perkembangan teknologi seperti di atas, tentunya anda akans emakin dipermudah dalam pembayaran pajak mobil bukan?  Sehingga anda tidak perlu repot-repot menuju samsat. Terlebih lagi jika jarak samsat dengan rumah anda sangat jauh. Anda juga tidak perlu berangkat pagi agar mendapatkan antrian yang tidak panjang.  Tidak perlu panas-panas dan lelah menungu lagi bukan?   Tidak hanya itu, anda juga bisa membayarkannya melalui transaksi e-mobile yang ada di gadget anda.  Jadi anda pun juga bisa melakukan transaksinya di rumah tanpa perlu keluar.

Ad
Authored by: Della Firdatia