Begini Alasan dan Cara Balik Nama Mobil itu Penting   

Begini Alasan dan Cara Balik Nama Mobil itu Penting  

Ad

Banyak yang mengira mungkin cara balik nama mobil itu merepotkan dan cukup rumit, padahal jika kita tahu caranya, maka hal tersbut bukanlah hal yang sulit. Asalkan kita tahu apa saja berkas yang harus disiapkan agar kita tidak perlu bolak balik agar jika ada berkas yang perlu di lengkapi. Hal ini tentu sangat penting bagi anda yang memiliki mobil bekas. Daripada menggunakan calo atau meminta orang lain dengan upah yang cukup tinggi dan biaya yang lebih besar, akan lebih baik jika nda mengurusnya sendiri. Tentu saja banyak orang yang lebih memilih menyuruh orang lain dibandingkan harus mengerjakannya sendiri karena mereka tidak tahu caranya. Banyak yang beralasan bahwa mereka bingung karena belum pernah melakukannya.

 

Nah, untuk anda yang sama sekali belum pernah memiliki pengalaman cara balik nama mobil, sebiaknya simak baik-baik cara mudah balik nama untuk mobil second kamu. Langsung saja kita bahas caranya satu-persatu.

  1. Persipakan syarat berkas yang dibutuhkan

Setiap mengurus dokumen tentu yang kita butuhkan adalah berkas yang merupakan syarat untuk membuatnya. Dan untuk membalik nama mobil menjaid nama anda, maka anda harus menyiapkan beberapa fotokopi berikut ini. Pertama dalah fotokopi KTP pemilik yang baru atau anda sendiri, lalu fotokopi BPKB sekaligus aslinya sebaiknya anda bawa. Selain itu da juga fotokopi STNK sekaligus aslinya. Tidak lupa, bawa juga kuitansi jual beli mobil anda yang telah dilengkapi dnegan materai dan tanda tangan. Fotokopi juga kuitansi jual belinya. Berkas yang terakhir adalah haisl cek fisik mobil.

  1. Lakukan cek fisik

Langkah selanjutnya adalah melakukan cek fisik mobildi kantor samsat.

  1. Mengisi Formulir

Setelah selesai melakukan  cek fisik mobil, maka anda akan diberikan formulir yang harus anda isi. Yang perlu diisi si formulir tersebut adalah seputar data pribadi anda sesuai dengan yang tertera di STNK.

  1. Serahkan formulir kepada pegawa loket

Jika semua data telah anda isi, maka anda dapat menyerahkannya kepada pegawai loket yang bertugas suntuk melayani bagian ini dan akan dicek lagi secara menyeluruh oleh pegawainya.

  1. Menunggu Nama anda dipanggil

Jika sudah dicek semua, maka nanti anda akan menunggu hingga nama anda dipanggil untuk melewati proses selanjutnya. Akan ada beberapa proses dimana anda menunggu untuk dipanggil namanya, ikuti saja sesuai dengan arahan petugasnya.

  1. Membayar Tagihan

Langkah berikutnya adalah membayar tagihan sesuai dengan jumlah yang ada pada bukti pembayaran, dan akhirnya STNK anda telah ganti nama. Selanjutnya anda juga harus mengikuti proses pembuatan BPKB yang baru.

 

Cukup panjang memang prosesnya, untuk itu sebaiknya luangkan waktu anda untuk mengurus hal seperti ini. Walaupun mungkin sedikit merepotkan, namun cara balik nama mobil ini sangat penting karena beberapa alasan berikut. Alasan yang pertama tentu saja masalah pembayaran pajak kendaraan yang harus anda lakukan setiap tahun. Untuk melakukan pembayaran pajak ini yang harus anda bawa adalah BPKB dan KTP yang sesuai dengan BPKB. Jika setiap tahun anda harus membawa KTP dari pemilik lama tentu akan sangat merepotkan. Ditambah lagi jika anda sudah tidak berhubungan lagi dengan pemilik lama, tentu anda akan kesulitan untuk menyelesaikan kewajiban tahnan anda. Lagipula jika mobil sudah atas nama anda, segala proses lainnya seperti ingin menjualnya kembali juga mudah.

 

Ad
Authored by: Della Firdatia