Begini Cara Klaim Asuransi Mobil Agar Tidak Ditolak

Begini Cara Klaim Asuransi Mobil Agar Tidak Ditolak

Ad

Pernahkah Anda mendengar adanya orang yang tidak bisa klaim asuransi mobilnya? Jika Anda sering membaca berbagai artikel, ulasan di forum online, atau sering berbincang dengan banyak orang maka biasanya pernah mendengar tentang adanya orang yang tidak bisa klaim asuransi mobil. Hal tersebut sebenarnya tidak akan terjadi jika seseorang mentaati semua syarat untuk mengajukan asuransi. Dalam hal asuransi mobil, ada dua hal yang harus diperhatikan dengan benar yaitu soal mengikuti prosedur dengan benar dan juga tidak mengarang cerita atau tidak berbohong. Jika Anda termasuk orang yang masih dalam hal cara klaim asuransi mobil maka ikuti terus artikel ini hingga selesai.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar asuransi mobil bisa diklaim tanpa ditolak. Sebenarnya, cara klaim asuransi mobil seharusnya sudah dijelaskan oleh pihak asuransi baik itu agen asuransi ataupun pihak layanan konsumennya. Ketika Anda mengalami kejadian yang membuat mobil Anda rusak atau mengalami perubahan yang merugikan seperti lecet, penyok, dan sebagainya, maka Anda bisa langsung menghubungi pihak asuransi untuk mendapatkan arahan yang benar. Namun pada intinya, cara klaim asuransi agar tidak ditolak bisa Anda pelajari sendiri di sini. Seperti apakah caranya?

  • Pertama, Anda harus memiliki bukti yang kuat untuk melakukan klaim asuransi. Ketika mendapatkan hal-hal yang merugikan mobil Anda atau dengan kata lain kecelakaan, maka Anda harus memfoto mobil Anda terutama pada bagian yang rusak.
  • Kedua, segera siapkan semua dokumen yang dibutuhkan untuk klaim asuransi mobil. Beberapa dokumen yang dimaksud umumnya STNK Mobil, SIM, fotokopi polis asuransi mobil Anda, dan juga tambahan surat keterangan dari kepolisian jika memang dibutuhkan. Siapkan segera dokumen tersebut karena klaim asuransi hanya bisa dilayani maksimal 3 hari setelah terjadinya insiden atau kecelakaan.
  • Ketiga, Anda bisa langsung datangi bengkel rekanan. Bawa berkas yang telah disiapkan tadi dan katakan pada pihak bengkel bahwa Anda akan lakukan klaim asuransi. Pihak bengkel rekanan akan membuat Anda hanya tinggal menunggu proses selanjutnya karena nantinya pihak bengkel yang akan menghubungi perusahaan asuransi Anda. Proses ini benar-benar tidak membuat Anda bingung karena hanya tinggal menunggu disodorkan formulir klaim asuransi. Namun, jika memang Anda mengalami kecelakaan dan berada di luar kota maka sebaiknya hubungi pihak asuransi secara mandiri untuk mendapatkan arahan tentang bengkel mana yang harus didatangi atau langkah apa yang harus dilakukan. Jika sudah jelas bengkel rekanan mana yang bisa didatangi, maka Anda hanya tinggal datang dan mengisi formulir.
  • Pada tahap pengisian formulir, isilah semua data secara lengkap dan tidak dimanipulasi. Bagian ini memang terlihat sepele namun sangatlah penting untuk dilakukan dengan benar. Semua informasi terkait kejadian, insiden atau kecelakaan yang melibatkan mobil Anda harus dituangkan dengan benar dan jujur. Pihak asuransi tidak bisa dibohongi oleh konsumen karena berpengalaman dan akan melakukan pengecekkan.
  • Jika sudah jelas berhasil klaim asuransi, maka Anda bisa menunggu mobil diperbaiki agar bisa benar-benar tampak seperti semula. Beberapa perusahaan asuransi mobil akan memberikan fasilitas mobil pengganti untuk konsumennya yang memang harus menunggu mobilnya selesai dalam jangka waktu yang cukup lama. Jika Anda diberikan fasilitas ini, maka Anda bisa menggunakan mobil pengganti tersebut tanpa ada pungutan biaya.

Itulah tadi ulasan lengkap untuk Anda yang ingin tahu tentang cara klaim asuransi mobil. Jika masih ada berbagai pertanyaan yang mengganjal, sebaiknya Anda tanyakan kepada pihak asuransi terkait cara klaim yang benar karena bisa jadi ada kebijakan dan prosedur yang berbeda.

Ad
Authored by: Della Firdatia