Begini Mudahnya Cara Bayar Pajak Motor Atas Nama Orang Lain    

Ad

Membayar pajak motor adalah suatau kewajiban bagi pemilik sepeda motor, namun ada kalanya kita tidak dapat datang sendiri ke samsat untuk membayar pajak. Atau bisa jadi orang lain tidak dapat hadir dan anda membantu orang lain tersebut membayarkan pajak motor miliknya. Bisa juga karena alasan motor anda belum dibalik namakan sehingga anda harus membayar pajak menggunakan nama orang lain. Tentu saja membayar pajak atas nama sendiri akan jauh lebih mudah dibandingkan dengan membayar pajak atas nama orang lain. Namun, jangan khawatir, anda dapat membayar pajak motor atas nama orang lain dengan mudah dengan beberapa cara bayar pajak motor atas nama orang lain di bawah ini.

Sebelum anda membayarkan pajak motor atas nama orang lain, yang terpentinga dalah mengatahui apa saja syarat maupun ketentuan di dalamnya. Mari kita lihat apa saja syarat yang dibutuhkan serta bagaimana cara bayar pajak motor atas nama orang lain.

  1. Memenuhi persyaratannya

Seperti yang telah kita singgung tadi, bahwa yang paling dibutuhkan sebelum membayar pajak untuk orang lain, maka yang paling penting adalah memenuhi segala persyaratannya. Persyaratan tersebut diantaranya adalah fotokopi STNK, BPKB, KTP yang sesuai dengan yang terdapat di STNK. Ingat, KTP nya haruslah KTP milik orang yang memiliki motor dimana namanya terdapat sebagai pemilik. Jika semuanya sudah di fotokopi, maka masukkan ke dalam sebuah map agar tetap rapi dan tidak terpisah satu berkas dengan yang lainnya.

  1. Datang ke kantor pajak

Tentu saja langkah selanjutnya adalah dengan mendatangi kantor pajak untuk membayarkan pajak motornya dengan membawa semua berkas persyaratan yang sebelumya telah anda siapkan. Bwalah semua berkasnya ke loket.2 sebagai syarat pendaftaran. Setelah itu mungkin nama anda akan dipanggil untuk mengambil berkas yang tadi nada berikan. Bersama dengan berkas tersebut telah dilampirkan fromulis pendaftaran yang harus anda bawa ke tahap selanjutnya.

  1. Verifikasi dokumen

Di bagian selanjutnya, dokumen anda akan diverifikasi dan setelah itu mungkin anda akan disuruh untuk menunjukkan BPKB asli. Tidak ada salahnya untuk membawa serta berkas asli yang telah di fotokopi berkas yang tadi anda gunakan untuk melakukan pendaftaran. And atidak perlu menunggu lama untuk panggilan berikutnya setelah anda memberikan BPKB asli untuk diverifikasi.

  1. Melakukan Pembayaran

Setelah aada panggilan berikutnya, anda bisa langsung melakukan pembayaran di loket yang telah disediakan. Tentunya lebih baik meluangkan waktu sebentar untuk membayarkan pajak anda daripada harus membayar denda. Biaya yang harus anda keluarkan jadi lebih besar jika anda telat membayar pajak motor. Untuk itu, lebih baik untuk membayarnya tepat pada waktu jatuh tempo daripada menundanya.

 

Mudah bukan? tentu saja antre atau tidaknya tergantung pada kantor pajak yang anda kunjungi. Dan itu tadi beberapa cara bayar pajak motor atas nama orang lain, anda tidak kesulitan jika telah mengetahui caranya. Anda juga tidak akan bingung karena tahu apa yang harus anda lakukan dan apa yang anda tunggu. Melakukan pembayaran pajak untuk pertama kalinya tentu saja membuat kita agak gugup. Kita akan merasa bingung harus ke bagian mana terlebih dahulu. Semoga cara-cara di atas membuat kita lebih mudah dalam membayar pajak dan tidak menjadikannya alasan untuk tidak membayar pajak motor yang sudah jadi kewajiban kita sebagai pemilik.

 

Ad
Authored by: Della Firdatia