Berbagai Jenis dan Cara Kerja Kopling Motor

Berbagai Jenis dan Cara Kerja Kopling Motor

Ad

Bagi anda yang menggunakan kendaraan motor kopling tentu saja anda sudah mengetahui beberapa hal terkait dengan cara kerjanya. Kopling motor ini memang dibedakan menjadi beberapa macam yang mana mempunyai cara kerjanya masing – masing. Kopling sendiri merupakan pemutus tenaga mesin pada transmisi yang dilakukan secara spontan dan bisa lebih halus.

Beberapa dari anda tentu saja sudah paham dengan kopling dan cara kerjanya, jika anda masih bingung anda bisa menyimak beberapa hal berikut ini. Ulasan kali ini akan memaparkan berbagai jenis kopling dengan cara kerja kopling motor. Inilah penjelasannya :

  1. Kopling manual.

Kopling manual ini merupakan mekanisme yang memutuskan tenga mesin menggunakan plat kopling, yang mana plat kopling ini digerkan secara manual dengan sebuah tuas. Biasanya tuas ini berada di bagian handle stang yang biasanya terletak pada bagian sebelah kiri.

Cara kopling manual ini dengan menggunakan gesekan dua plat kopling. Ketika kedua plat ini saling bergesekan maka akan dilanjutkan pada transmisinya, namun ketika tuas koplingnya ditarik maka secara otomatis akan merenggang dan mesin seketika akan terhenti.

Kopling manual ini mempunyai kelebihan yakni mempunyai kecepatan yang lebih tinggi, maka dari itu sistem kopling manual ini terdapat di beberapa kendaraan sport yang bisa memacu kecepatan tinggi.

Kelemhan dari sistem kopling yang satu ini terdapat pada bagain pemakaian, para pemakai sistem kopling ini membutuhkan proses belajar yang cukup baik untuk bisa memakai kendaraan dengan sistem kopling ini.

  1. Kopling sentrifugal.

Mungkin beberapa dari anda lebih mengenal kopling sentrifugal ini dengan sebutan kopling otomatis. Sesuai dengan namanya sistem kopling yang satu ini memang digerakan secara otomatis tanpa menggunakan tuas lagi.

Sistem kopling yang satu ini tidak menggunakan gesekan antara kedua plat namun hanya memakai gesekan kampas seperti rem tromol dan kopling.

Ketika kampas berputar maka gaya dari sentrifugal akan tercipta dan menekan bagian rumah kopling, biasanya sistem ini diterapkan pada motor – motor matic.

  1. Kopling ganda.

Sesuai dengan namanya, kopling ganda ini menunjukan bahwa menggunakan dua kopling sekaligus. Motor yang menggunakan kopling ganda ini akan mempunyai kopling sentrifugal di bagian poros engkol menjadi sebuah kopling primer dan juga kopling manual yang berada di depan tramsisi yang mana dijadikan sebuah kopling sekunder.

Koping primer ini mempunyai tugasnya sebagai pemutus tenaga mesin dan menyambungkan tenaga ketika RPM naik yang disambungkan secara otomatis. Sedangkan untuk kopling sekundernya bertugas untuk memutus tenaga ketika adanya perubahan gigi.

Motor yang menggunakan sistem kopling ganda ini maka tidak membutuhkan tuas kopling walaupun menggunakan transmisi manual.

Itulah ke 3 jenis kopling yang ada dan masing – masing cara kerja kopling motor. Setiap kendaraan memang mempunyai pilihannya masing – masing dalam menentukan penggunakan koplingnya. Tentu saja anda harus paham dengan sistem kopling yang ada pada kendaraan motor yang anda miliki. Setiap motor yang diproduksi memang mempunyai sistm kopling yang berbeda – beda, anda bisa menggunakan sistem kopling yang menurut anda mudah untuk anda pakai mengendarai.

Itulah informasi mengenai cara kerja kopling motor yang perlu anda ketahui, masih banyak informasi yang lebih lengkap mengenai cara kerjanya yang perlu anda ketahui. Semoga ulasan ini bisa membantu anda dalam memahami cara kerja sebuah sistem kopling yang ada pada motor.

Ad
Authored by: Della Firdatia