Cara Cabut Berkas Motor Tanpa Calo

Cara Cabut Berkas Motor Tanpa Calo

Ad

Cabut berkas motor atau yang sering dikenal dengan mutasi ini bisa anda lakukan tanpa calo. Mungkin beberapa orang tidak suka ribet sehingga memilih jasa calo untuk mengurus mutasi ini, namun anda bisa menggunakan beberapa cara cabut berkas motor yang paling mudah sehingga anda tidak  perlu menggunakan jasa calo yang ada. Tentu saja menggunakan jasa calo ini mengharuskan anda mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, maka dari itu ulasan kali ini akan membahas mengenai beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk bisa mencabut berkas motor yang anda miliki.

Proses mutasi sendiri pada dasarnya dibedakan menjadi 2 macam yakni mutasi yang terjadi pada 1 daerah dan juga mutasi yang ada di daerah lainnya. Jika mencabut berkas ini melibatkan 2 samsat dan beda provinsi maka dibutuhkan sebuah proses cabut berkas yang harus dilakukan melewati Polda setempat. Memang mengurus cabut berkas ini cukup ribet, orang yang ingin mencabut berkas motor ini harus menyediakan waktu yang cukup panjang untuk mengurus beberapa hal, hal ini kadang membuat banyak orang lebih memilih membeli motor baru dan masalah berkas motor dilimpahkan kepada biro jasa yang menyediakan jasa cabut berkas ini. Namun pada dasarnya ketika anda tahu cara cabut berkas motor yang benar anda bisa melakukannya dengan sangat mudah.

Dengan memperhatikan beberapa cara ini tentu saja anda tidak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk menggunakan biro jasa tersebut. Inilah beberapa hal yang bisa anda perhatikan terlebih dahulu untuk bisa mempermudah anda untuk mencabut berkas motor yang anda miliki, sebelum anda menuju kantor untuk mencabut berkas, anda juga harus menyiapkan beberapa berkas motor tersebut seperti STNK, BPKP, KTP (pembeli), kwitansi saat membeli motor yang disertkan dengan materai, dan beberapa dokumen tambahan lainnya jika dibutuhkan. Setelah berkas tersebut anda siapkan anda bisa memperhatikan beberapa langkah berikut ini untuk pencabutan berkas :

  1. Cek fisik.

Biasanya cek fisik ini dilakukan di samsat, pada tahap ini biasanya yang akan dicek adalah bagian plat nomor rangka dan juga pada bagian nomor mesin tersebut. Setelah dilakukan pengecekan tersebut maka hasilnya akan diserahkan di loket dengan berkas yang telah ada.

  1. Pelayanan mutasi.

Setelah mendapatkan berkas motor kembali anda bisa langsung menuju pada bagian pelayanan mutasi dan meminta formulir mutasi balik nama. Biasanya petugas akan meminta berkas yang telah anda urus sebelumnya yang telah diberi legalisir sehingga ketika petugas sudah setuju anda bisa langsung mengisi bagian formulir mutasi. Untuk lebih memudahkan anda dalam pengisian anda bisa melihat pengisian yang sudah ada contohnya.

  1. Pengembalian berkas.

Untuk pengambilan berkas kembali biasanya dilakukan pada hari selanjutnya, untuk bisa mengambil berkas ini anda harus menyertakan tanda pembayaran mengenai mutasi yang anda lakukan.

  1. Datang ke kantor samsat sesuai dengan tujuan mutasi.

Ketika semua berkas tersebut sudah anda urus maka anda bisa langsung datang ke kantor samsat yang sesuai dengan tujuan mutasi anda.

  1. Cek fisik dan Loket berkas mutasi.

Ketika anda sampai di samsat tujuan kendaraan akan di cek fisik dan akan dicek pada bagian berkas mutasinya.

  1. Pembayaran STNK.
  2. Membuat BPKP baru.

Itulah beberapa langkah cara cabut berkas motor yang mudah untuk anda lakukan, mengurus berkas motor ini memang membutuhkan waktu yang panjang.

Ad
Authored by: Della Firdatia