Cara Dempul Mobil

Ad

Banyak orang yang ingin tahu cara dempul mobil yang baik, dempul sering dilakukan dengan tujuan agar bentuk mobil merata dengan baik, pendempulan biasa dilakukan saat akan melakukan pengecetan ulang, dengan begitu mampu meratakan body sebelum dilakukan pengecetan ulang. Pendempulan sangat penting untuk dilakukan, sangat penting dilakukan bagi mobil yang ingin melakukan pegecetam ulang dan melakukan repair atau perbaikan bodi yang rusak. Ada banyak jenis-jenis dempul yang bisa diketahui, diantaranya ada dempul polyester putty, yaitu jenis dempul yang menggunakan dempul plastic, dempul jenis ini menggunakan organic peroxide yang mengandung pigment sehingga mampu membuat lapisan tebal dan mudah untuk diamplas, jika kering maka dempul jenis ini akan mengeras jika kering, fungsi dari dempul jenis ini adalah memberi bentuk pada bidang. Selanjutnya ada juga dempul Epoxy Putty, merupakan tipe dempul yang menggunakan dua kompone yaitu epoxy resin dan amine, untuk proses pengeringan dempul jenis ini cukup lama, menggunakan oven pengering dan bisa dilaskan dengan cara kap dempul atau disemprotkan. Yang ketiga adalah dempul lacquer putty, yaitu dempul yang menggunakan bahan utama berupa Nitrocellulose dan juga acrylic resin.

Adapun cara dempul mobil yang baik bisa dilakukan dengan cara berikut ini :

  • Teknik bakar

Merupakan teknik yang sering dilakukan oleh tukang cat mobil, selain itu teknik ini juga lebih singkat dibanding teknik lainnya, namun langkah pembakarannya cukup banyak, namun teknik ini memiliki beberapa kekurangan, salah satunya adalah menyebabkan pelat besi semakin lentur.

  • Teknik menggunakan cairan kimia

Teknik ini juga banyak dilakukan oleh banyak orang, caranya juga cukup mudah, hanya dengan memoleskan dengan menggunakan cairan kimia yaitu remover keseluruh bodi mobil. jika sudah dilumuri maka tunggu beberapa saat, kemudian congkel dempul tersebut. Teknik satu ini cukup aman dan sangat cocok digunakan untuk dempul mobil.

  • Teknik gerinda

Banyak orang menggunakan teknik gerinda untuk sistem pengelotokkan dempul diarea tertentu. Namun sangat tidak cocok jika digunakan pada seluruh body. Biasanya teknik ini digunakan dibodi sudut-sudut tertentu, namun biasanya dicampur dengan teknik manual seperti pengamplasan agar bisa menjangkau area tertentu.

  • Teknik manual

Teknik ini biasa dilakukan dengan campuran teknik lainnya, teknik manual banyak dipilih karena mmpu menjangkaun daerah tertentu yang tidak sanggup dijangkau oleh teknik lainnya. jika dembul sudah mengelupas semua, maka kita baru melakukan penambalan bodi, selanjutnya meluruskan bagian spesifik agar merata.

Selain menggunakan cara dempul mobil diatas, cara dempul mobil lainnya bisa juga dengan teknik campuran mobil dengan hardener yang sesuai dengan standar pabrik, dan kombinasikan dengan tepat. Dempul juga memiliki banyak fungsi lainnya, selain digunakan untuk perbaikan bodi, dempul juga digunakan untuk memodifikasi bodi, seperti membuat wide body. Dan sebelum melakukan pengecatan, fender atau  sepatbor yang dibuat melar juga harus dilap isi dempur dahulu. jika dilakukan custom bumper dengan menggunakan bahan fiber, maka dempul digunakan untuk desain dumper sesuai dengan keinginan, dan masih banyak lagi fungsi dan manfaat lainnya yang bisa anda lakukan dengan menggunakan dmepul. Dari banyaknya fungsi dempul tersebut maka untuk anda yang menginginkan body mobil lebih bagus dan maka cara dempul mobil bisa menjadi pilihan paling tepat, dengan memiliki mobil bagus maka kepercayaan diri meningkat.

Ad
Authored by: Della Firdatia