Cara Jumper Aki Mobil Yang Mudah Untuk Dilakukan

Cara Jumper Aki Mobil Yang Mudah Untuk Dilakukan

Ad

Dalam dunia otomotif, pastinya anda tidak akan asing dengan istilah aki ataupun jumper aki. Aki ada dalam setiap kendaraan baik motor ataupun mobil.  Dalam pembahasan kali ini kita akan mengulas mengenai aki mobil. Aki mobil pada umumnya digunakan pada kendaraan yang menggunakan mesin diesel ataupun bensin. Seperti yang kita tahu bahwa aki mobil sangat berguna sebagai sumber arus listrik dalam kendaraan. Tidak hanya itu, aki juga dimanfaatkan sebagai baterai yang berfungsi  untuk tempat penyimpanan energy listrik pada saat terjadi pengisian bahan bakar. Keberadaan aki tentunya sangat penting untuk mobil. Karena aki merupakan salah satu alat yang menghasilkan energy untuk menjalankan siklus mesin. Adanya aki yang sehat tentunya mampu menyalakan komponen-komponen lainnya di dalam mobil. Hal ini dikarenakan aku menjadi sumber baterai pada mobil yang bisa digunakan untuk menyakan starter, lampu mobil, dan sistem eketrik lainnya dalam mobil. Aki memiliki beberapa jenis, yakni aki basah, aki kering atau aki kalsium, hybrid yang merupakan gabungan dari aki basah dan aki kering,aki MF (Maintenance Free), dan yang terakhir adalah aki gel yang merupakan jenis aki yang menggunakan teknologi terbaru.. Jenis aki tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Aki yang banyak ditemui  di pasaran adalah aki basah. Aki ini memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan jenis aki yang lainnya. Tidak hanya itu, aki basah juga bisa digunakan berulang-ulang kali. Sedangkan aki yang memiliki kemampuan listrik yang lebih baik adalah aki kering atau aki kalsium. Tentunya banyak orang yang pernah mengalami mobil mogok di tengah jalan bukan?  Pada umumnya mobil yang mogok bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah karena aki yang rudak. Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa melakukan jumper aki.  Lalu bagaimana cara jumper aki mobil yang mudah untuk dilakukan?  Daripada penasraan, langsung saja simak ulasan dan penjelasan d bawah ini.

 

Berikut adalah beberapa cara jumper aki mobil yang mudah untuk  anda lakukan, diantaranya yaitu:

  1. Memastikan terlebih dahulu penyebab aki rusak. Hal ini dikarenakan rusaknya aki juga bisa disebabkan karena beberapa hal. Beda penyebab beda pula cara mengatasinya. Anda bisa mengeceknya dengan mengeek lampu mobil anda. Jika lampu mobil redup, berarti akinya rudak dan harus diganti. Jika lampunya teratng berarti masalahnya bukan terletak pada aki.
  2. Jika karena akinya yang rudak, anda harus menyiapkan jumper untuk menjumper aki anda. Siapkan jumper yang memiliki diameter paling sedikit 10 mm.
  3. Setelah itu, anda bisa meminta bantuan mobil lain untuk melakukan tahapan selanjutnya. Dekatkanlah mobil lain atau aki mobil lain yang ada gunakan untuk menjumper secara berhadapan. Hal ini untuk memudahkan proses penjumperan aki. Sebelum itu, anda juga harus memastikan bahwa kabel yang anda gunakan cukup untuk menjangkau aki kedua mobil tersebut.
  4. Pasangkan kedua kutub aki terebut. Kutub positif untuk untuk warna merah, dan kutub negarif untuk warna hitam. Sebelum melakukan ini, anda juga harus menggunakan sarung tangan yang terbuat dari karet agar melindungi tangan anda dari aliran listrik dari aki tersebut.
  5. Tunggu beberapa saat sampai aliran listrik dari aki benar-benar habis.
  6. Setelah itu hidupkan mobil secara perlahan-lahan selama 1 hingga 2 menit. Jika belum bisa, mungkin ada yang salah saat anda menhubungkan jutub, dan vek kembali sampai berhasil.

 

Demikianlah beberapa cara jumper aki mobil yang mudah dan bisa anda praktikkan sendiri. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat J.

Ad
Authored by: Della Firdatia