Cara Melacak Plat Nomor Kendaraan Mobil Tanpa Perlu ke Kantor SAMSAT                   

Cara Melacak Plat Nomor Kendaraan Mobil Tanpa Perlu ke Kantor SAMSAT                

Ad

Tahukah anda bahwa plat nomor kendaraan dapat dilacak? Bisa jadi suatu saat anda akan menemui keadaan dimana anda harus melacak sebuah nomor kendaraan mobil. Dan saat itu tiba, maka anda butuh yang namanya cara melacak plat nomor kendaraan mobil. Keadaan yang dimaksud tentu saja beragam, mungkin anda ingin melacak mobil yang mencurigakan, atau anda ingin melacak mobil anda yang mungkin hilang. Cara tersebut juga dapat digunakan oleh anda yang ingin melacak mobil yang mungkin melakukan indak kejahatan entah itu pencurian maupun tabrak lari. Tentus aja sebelum anda mulai menggunakan cara untuk melacak, anda harus tahu plat nomor lengkap kendaraan yang ingin anda lacak.

Pada plat nomot kendaraan terdapat beberapa huruf dan angka yang merupakan kode yang membedakan antara motor yang satu dengan yang lainnya. Makanya, plat nomor ini dapat dipakai untuk melacak sebuah kendaraan bermotor baik itu sepeda motor maupun mobil. Dan kali ini yang akan kita abhas adalah cara melacak plat nomot kendaraan mobil. Sebenarnya, untuk melacak plat nomor ini dapat dilakukan dengan datang ke kantor samsat, namun agar tidak perlu repot kesana, anda dapat melacaknya sendiri dengan cara berikut:

  1. Lewat Website

Cara pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan melacak plat kendaraan melalui website. Ada beberapa website samsat yang dapat anda kunjungi untuk meminta dilakukan pelacakan terhadap plat nomor kendaraan yang ingin anda lacak. Website ini dibedakan berdasarkan daerahnya, mislanya daerah Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta. Medan, Jambi, maupuan daerah lainnya. Tentu saja anda bisa cari website samsatnay terlebih dahulu. Setelah itu, cukup masuk ke websitenya, masukkan plat nomor kendaraan yang ingin anda lacak di kolom pencarian, lalu tunggu hasilnya.

  1. Mengecek Melalui SMS

Jika yang ingin anda lacak adalah nomor plat kendaraan sendiri, maka anda pasti memiliki STNk dan BPKB. Nah, STNK dan BPKB ini dapat anda cek melalui sms. Untuk cara ini guankan format sms sebagai berikut. METRO (spasi) Nomor kendaraan dan kirim ke 1717 untuk wilayah DKI Jakarta. Sedangkan untuk daerah Jawa Barat kirim ke 3977, Jawa Tengah 9600, dan Jawa Timur 7070.

  1. Melalui situs SAMSAT

Cara lainnya adalah dengan melacak nomor kendaraan melalui situs SAMSAT. Tinggal kunjungi situs resmi SAMSAT dan anda dapat langsung memasukkan nomor kendaraan yang ingin anda lacak. tentu saja anda harus dalam keadaan online saat melakukan pengecekan dengan menggunakan sitsu dan website.

 

Mudah sekali bukan? jika dibandingkan harus datang langusng ke kantor SAMSAT, tentu ketiga cara tersebut jauh lebih efisien dan juga mudah. Apalagi jika posisi rumah anda dah kantor SAMSAT cukup jauh. Daripada menghabiskan banyak waktu di jalan, lebih baik gunakan salah satu dari cara di atas. Mungkin  anda harus mengguankan pulsa sms yang tidak seberapa jika dibandingkan dengan ongkos ke kantor SAMSAT yang lebih banyak. Di zaman modern ini, memang segala sasuatu hal jauh lebih mudah dilakukan. Cara melacak plat nomor kendaraan mobil mungkin saja suatu saat nanti anda butuhkan walaupun mungkin untuk sekarang belum anda perlukan. Saat anda mengalami beberapa masalah yang tidak diinginkan seperti di atas, maka melacak nomor kendaraan perlu dilakuakn sebelum mengambil tindakan yang leih jauh. Semoga cara di atas bermanfaat.

 

Ad
Authored by: Della Firdatia