Cara Membersihkan Rantai Motor Paling Efektif

Cara Membersihkan Rantai Motor Paling Efektif

Ad

Rantai motor merupakan salah satu bagian motor yang letaknya di bagian yang sering terkena kotoran, entah itu bekas oli, debu, maupun kotoran lainnya. Jika tidak dibersihkan, maka rantai akan lebih mudah karatan. Membersihkan motor tak hanya bagian rantai saja memang seharusnya dilakukan secara berkala karena jika tidak, kotorannya akan menempel dan sulit untuk dibersihkan. Membersihkan bagian lain motor mungkin dapat kamu lakukan dengan cara mencucinya, namun, untuk rantai yang merupakan bagian yang  terkena oli, mungkin kamu akan membutuhkan cara membersihkan rantai motor yang efektif berikut ini.

Sebelum kita abhas bagaimana cara membersihakan rantai motor, sebaiknya kita kenali dulu bagian rantai motor ini, apakah fungsi, letak, dan juga tips merawat rantai motor agar tetap bersih dan tahan lama. Rantai merupakan salah satu bagian terpenting dari motor selain mesin. Untuk itu rantai sebaiknya dirawat dengan baik agar tidak mudah karatan dan mengganggu kerja motor. Letaknya yang dekat dengan mesin tentu membutuhkan beberapa tips dalam membersihkannya. Untuk itu ada beberapa cara membersihkan rantai motor yang mudah untuk rantai yang motornya baru digunakan maupun yang dalam keadaan tidak digunakan.

  1. Gunakan spray khusus

Jika baru saja digunakan, tentu rantai motornya juga akan pansa tau hangat, jadi sebaiknya gunkana spray untuk membasahi dan mendinginkan rantainya terlebh dahulu. Spray ini berfungsi untuk membasahi bagian rantai dan juga kotoran yang menampel sehingga nantinya akan lebih mudah dibersihkan.

  1. Gunakan sarung tangan karet

Sebelum mulai membersihkan, ada baiknya jika kamu gunakan sarung tangan karet agar olinya tidak mengotori tangan kamu. Siapakan juga alas di bagian bawah motor jika kamu tidak ingin lantai rumah kamu kotor. Atau kamu bisa membersihkan motor di luar rumah dimana lantainya tidak masalah jika kotor.

  1. Bersihkan rantainya.

Langkah selanjutnya adalah mulai membersihkan rantai motor kamu dengan menggunakan sikat gigi bekas. Untuk bagian ini kmau tinggal sikat saja seluruh bagian rantai hingga bersih. Pastikan tidak ada kotoran yang tersisa karena kotoran yang tersisa itulah yang dapat menyebabkan adanya karat. Jika sudah karatan, maka kerja rantai tidak akna maksimal dan lebih cepat rusak.

 

Rantai tidak harus kamu bersihakan setiap hari, namun sebaiknya jangan biarkan rantai terlalu lama dalam keadaan kotor. Paling tidak bersihkan rantai motor kamu setiap sekali atau dua minggu sekali agar otorannya tidak menumpuk. Pastinya kalau motor kamu bersih juga kamu yang akan merasa diuntungkan. Motor kamu akan kelihatan lebih bersih, nyaman digunakan dan membuat kamu lebih percaya diri saat sedang berkendara. Jika rantai motor kamu kotor, maka akan lebih cepat rusak, dan kamu harus mengeluarkan biaya untuk mengganti rantai motornya secepat mungkin. Jika tidak, tentu motor kamu tidak akan dapat kamu gunakan. Seperti yang telah kita bahas di atas bahwa fungsi rantai pada motor sangatlah penting. Untuk membersihkan rantai motor, kamu tidak perlu datang ke bengkel karena dapat kamu lakukan sendiri di rumah. dengan cara membersihkan rantai motor yang tadi kita bahas di atas pastinya. Untuk spray khusus yang digunakan sebagia pembersih rantai, kamu dapat membelinya di toko peralatan pembersih motor. Rantai motor yang bersih juga tidak akan mengotori celana maupun rok yang terkadang ujungnya masuk ke bagian samping rantai motor kamu.

Ad
Authored by: Della Firdatia