Cara Membuat Mobil dari Kardus Bekas      

Cara Membuat Mobil dari Kardus Bekas    

Ad

Ada banyak barang bekas yang kelihatannya tidak berguna, namun sebenarnya jika dapat memanfaatkannya dengan baik, barang tersbut bisa jadi karya yang mengagumkan. Kardus meruoakan salah satu barang bekas yang tidak terpakai di rumah dan jika tidak dibuang hanya akan memakan tempat saja. Meskipun kardus juga dapat dijual, namun harganya tidaklah seberapa. Untuk itu, kardus banyak dimanfaatkan untuk membuta berbagai barang yang dapat dimanfaatkna kembali. Salah satu cara memanfaatkan kardus ini dengan cara membuat mobil dari kardus. Mobil yang dimaksud tentu saja mobil mainan entah itu dalam bentuk yang beragam.

 

Jika memiliki limbah kardus berlebih di rumah, akan lebih bermanfaat kardus tersebut jika anda tidak ragu untuk membuatnya menjadi barang yang lebih berguna. Mislanya menjadi mobil-mobilan untuk anak anda, atau bahkan untuk anda jual kembali menjadi sebuah karya seni. Baiklah, langsung saja kita bahas apa saja cara membuat mobil dari kardus yang dapat anda ikuti dengan mudah.

  1. Siapkan bahannya

Sebelum anda mulai membuat kardusnya menjadi sebuah karya, maka yang perlu anda lakukan adalah menyiapkan bahan-bahannya. Kardus bekas yang merupakan bahan utama untuk membuatnya tentu saja tidak boleh anda lupakan. Ada banyak jenis kardus yang dapat digunakan. Namun jika ingin hasilnya bagus, maka kardus yang cukup tebal sebaiknya yang dipilih. Tak hanya itu, kardus tipis atau single face juga kita butuhkan untuk membuat mobil.

  1. Menyiapkan alat

Selain bahan utama berupa kardus, maka yang harus disiapkan selanjutnya adalah alat yang akan digunakan. Alat tersebut terdiri dari gunting, selotip, piring kertas ataupun kertas karton, lem, dan juga penggaris. Jangan lupa untuk menyiapkan pulpen, pensil. Tusuk sate, maupun sedotan sebagai as. Untuk menghias mobilnya nanti, pensil berwarna, crayon, maupun cat air dapat anda siapkan juga.

  1. Membuat pola

Langkah pertama dalam membuat mobil kardus adalah dengan membuat polanya terlebih dahulu intuk memudahkan model mobil seperti apa yang ingin anda buat.

  1. Memotong kardus sesuai dengan pola

Setelah polanya jadi, maka langkah selanjutnya adalah memotong kardus sesuai pola yag telah anda gambar tadi.

  1. Setelah dipotong sesuai pola, maka gabungkan bagian yang seharunya digabung dengan menggunakan lem dan juga selotip yang telah disiapkan sebelumnya. Setelah itu, pastikan rekatanya kencang agar mobilnya rapi, kuat, dan tidak mudah terlepas bagian-bagiannya.
  2. Mewarnai

Setelah semua bagian selesai disusun, maka langkah berikutnya adalah mewarnai mobil kardus anda. Untuk warna, anda dapat warnai mobilnya sesuai dengan selera anda. setelah itu tambhakan beberapa detail untuk membuat mobil buatan anda terlihat nyata. anda bisa menambahkan paper glass untuk melengkapi bagian kaca mobil, maupun bagian lampu dan menambahkan nama mobilnya sesuka anda.

 

Cukup mudah bukan? asalkan kita tahu langkahnya, tidak ada hal yang sulit untuk dilakukan. Begitu pula dengan cara membuat mobil dari kardus yang dapat anda pelajari bahkan untuk anda yang belum pernah membuatnya. Daripada kardus bekas anda buang percuma, membuatnya menjadi sebuah kerajinan tangan tentu akan lebih menarik. Jika hasilnya bagus, anada dapat jadikan itu sebagai bisnis sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Jual saja di online shop, siapa tahu ada yang tertarik untuk membelinya, atau gunakan sebagai hadiah untuk orang terdekat. Jadi, mari kumpulkan kardus dan jadikan sebuah maha karya.

Ad
Authored by: Della Firdatia