Cara Mengecat Mobil Dengan Teknik Yang Tepat

Cara Mengecat Mobil Dengan Teknik Yang Tepat

Ad

Melakukan pengecatan pada mobil tidak boleh dilakukan sembarangan. Mengecat mobil tidak sama tekniknya seperti mengecat dinding, pagar, dan sebagainya. Ya, hal ini tentu saja sangat wajib diperhatikan oleh Anda yang tidak ingin mendapati mobil kesayangan menjadi tampak hancur warnanya dan kasar bodinya. Sebenarnya, jika Anda termasuk orang yang ingin mengganti warna cat mobil maka disarankan untuk menyerahkannya pada jasa pengecatan mobil. Orang yang memang membuka jasa pengecatan mobil tentu saja sudah mengerti betul teknik yang tepat. Namun jika Anda benar-benar ingin melakukannya sendiri, maka  Anda harus mau mempelajari cara mengecat mobil yang tepat. Seperti apa caranya melakukan pengecatan mobil dengan teknik yang tepat?

Ada beberapa tahapan dan beberapa informasi penting terkait cara mengecat mobil yang benar. Jika Anda memperhatikan hal-hal penting yang dimaksud tadi maka Anda bisa melakukan pengecatan mobil dengan hasil yang memuaskan. Namun jika Anda sembarangan dalam mengecat mobil, maka bisa dipastikan hanya penyesalan yang Anda dapatkan karena mobil Anda menjadi tampak buruk dan uang Anda pun terbuang sia-sia. Lalu seperti apa cara dan teknik yang tepat untuk mengecat mobil?

  • Pertama, Anda perlu siapkan terlebih dahulu beberapa alat yang sangat penting untuk dipersiapkan. Ada beberapa alat yang paling wajib dipersiapkan terlebih dahulu antara lain yaitu spray gun atau alat semprot cat, kompresor, dan juga amplas. Jika Anda sudah pastikan beberapa alat tersebut ada, maka Anda bisa melakukan pengecatan mobil secra mandiri.
  • Kedua, perlu diketahui bahwa melakukan pengecatan mobil terdapat dua macam tahapan yang semuanya wajib dilakukan. Tahapan yang pertama kali dilakukan adalah pendempulan dan setelah itu baru masuk tahap pengecatan.
  • Untuk tahap pendempulan diawali dengan mencuci mobil sampai bersih. Setelah itu, lakukan pendempulan dengan penuh kehati-hatian. Ya, proses pendempulan ini memang harus sangat hati-hati dan juga harus sabar agar mendapatkan permukaan mobil yang rata dan halus. Setelah dilakukan pendempulan, tunggu hingga mengering. Dan kemudian, Anda harus melakukan penghalusan bodi mobil menggunakan amplas ukuran 1500 dan cuci hingga bersih.
  • Setelah mengering, maka semprotkan epoxy hingga merata. Semprot semua bagian yang akan Anda cat. Setelah dilakukan, perlu sekali lagi Anda amplas menggunakan ukuran amplas 2000 agar permukaan bodi mobil menjadi rata. Cuci kembali mobil Anda hingga bersih dan keringkan serta hindarkan mobil dari berbagai debu dan kotoran.
  • Jika proses dempul telah dilakukan, maka Anda bisa masuk tahap kedua yaitu tahap pengecatan. Siapkan cat yang jelas Anda inginkan warnanya dan jelas kualitasnya baik agar tidak mengecewakan hasilnya. Setelah itu, tuangkan cat dan juga pengencer dengan ukuran yang pas agar tidak terlalu encer dan tidak terlalu kental. Tuangkan pada spray gun atau alat menyemprot cat.
  • Untuk teknik pengecatan mobil yang benar adalah konsisten dari segi arah pengecatan dan ketebalatan cat. Lakukan pengecatan dengan satu arah yaitu kanan ke kiri dengan jarak sempotan kurang lebih 30 cm. Pastikan cat Anda tidak mengumpul di satu titik dan juga tidak terlalu tipis. Baru setelah semuanya berjalan baik, Anda bisa lakukan varnishing agar bodi menjadi mengkilap.

Untuk Anda yang bingung tentang panduan cara mengecat mobil dalam bentuk tulisan, Anda sangat disarankan untuk mencari video tutorialnya. Carilah video tutorial pengecatan mobil dari berbagai sumber agar bisa membuat Anda lebih paham tentang bagaimana mengecat mobil yang benar.

Ad
Authored by: Della Firdatia