Cara Mengecat Motor Agar Terlihat Kinclong

Cara Mengecat Motor Agar Terlihat Kinclong

Ad

Motor adalah salah satu kendaraan yang paling banyak dimiliki oleh masyarakat luas, motor ini memang sangat berperan penting dalam terlaksananya kegiatan di luar rumah. Salah satu hal yang harus dilakukan oleh para pemilik motor adalah mengecat kendaraan ini. Beberapa orang memang memilih untuk mengecat motor yang mereka miliki untuk membuat keadaan motor menjadi lebih menarik untuk dilihat. Cara mengecat motor memang tidak mudah untuk dilakukan, dibutuhkan kesabaran dan ketelitian untuk bisa membuat warna motor menjadi lebih kinclong.

Bagi anda yang sedang ingin mengecat motor alangkah baiknya jika anda menggunakan beberapa cara yang sudah ada sehingga kegiatan mengecat motor ini lebih mudah untuk anda lakukan. Ulasan kali ini akan membahas mengenai beberapa langkah yang tepat yang bisa anda pakai untuk mengecat motor yang anda miliki. Namun sebelum melangkah pada cara mengecat motor sebelumnya anda harus menyediakan beberapa hal berikut ini seperti :

Amplas yang harus anda sediakan adalah amplas yang halus, amplas ini akan dipakai untuk mengamplas body motor sehingga anda membutuhkan amplas yang benar – benar halus.

Dempul menjadi salah satu bahan yang perlu anda sediakan, dempul ini akan bertugas untuk membuat hasil pengecetan motor menjadi lebih sempurna dan juga rata.

Epoxy ini merupakan bahan yang akan membuat cat motor anda menjadi lebih mengkilap.

Tentu saja bahan ini harus anda sediakan, thinner ini nantinya akan dicampur dengan cat yang anda miliki.

Sudah pasti anda harus menyediakan cat yang anda inginkan untuk mengecat motor tersebut.

  1. Clear Coat.
  2. Lakban kertas.

Alat yang satu ini akan melindungi bagian motor yang nantinya tidak akan dicat, sehingga pengecatan bisa lebih maksimal.

Itulah beberapa bahan yang bisa anda siapkan sebelum anda masuk ke langkah cara mengecat motor. Sebelumnya anda juga harus mengetahui bahwa anda membutuhkan 2 alat yang sangat mendukung proses pengecetan motor ini seperti sprygun dan cat semprot / pilox. Setelah menyiapkan berbagai hal tersebut maka anda sudah bisa masuk ke bagian langkah kerjanya. Inilah beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk melakukan pengecetan ini seperti :

  1. Copot part.

Anda harus melepas bagian – bagian yang akan anda cat sehingga proses pengecetan bisa lebih mudah.

  1. Cuci bersih, keringkan, dan amplas.

Part yang telah dilepas kemudian dicuci hingga bersih, setelah itu jangan lupa untuk dikeringkan, anda anda bisa langsung melakukan pengamplasan sehingga bisa membuat cat lebih menempel kuat di body motor.

  1. Cuci, keringkan kembali, dan siapkan Epoxy.

Setelah diamplas maka part tersebut dicuci kembali, dikeringkan, dan sambil menunggu kering bisa menyiapkan Epoxynya terlebih dahulu.

  1. Penggunaan Epoxy dan dempul.

Ketika part sudah di epoxy namun masih terdapat bagian yang tidak rata  maka bisa diberikan dempul. Langkah ini dilakukan secara berulang hingga bisa mendapatkan bagian permukaan yang rata. Setelah rata maka bisa masuk ke bagian pengecetan.

  1. Proses pengecetan.

Proses pengecetan motor ini dilakukan mulai dari mengecet bagian dasarnya terlebih dahulu dan baru mengecat bagian motor yang asli.

  1. Pemberian coating dan finising.

Setelah proses pengecetan selesai anda bisa memberikan coating terlebih dahulu, lalu bisa anda keringkan sebelum anda menyemprotkan bagian finising sehingga bisa lebih keinclong.

 

Ad
Authored by: Della Firdatia