Cara Mengemudi Mobil Manual di Tanjakan Bagi Pemula      

Cara Mengemudi Mobil Manual di Tanjakan Bagi Pemula    

Ad

Berdasarkan kemudinya, mobil dibedakan menajdi mobil manual dan juga matic. Mobil dengan kemudi manual dalam mengemudikannya madih harus menurunkan dan menaikkan gigi. Seperti halnya dengan motor manual, maka gigi haruslah diubah sesuai dengan kondisi jalan yang dilalui. Berbeda dengan mobil matic yang tidak pelu lagi mengatur gigi saat mengemudikannya. Mobil dengan otomatis menyesuaikan tenaganya denagn kondidi jalanan apakah itu tanjakan maupun turunan. Untuk anda yang masih dalam tahap belajar mengemudi, tentunya harus menyimak penjelasan yang ada di bawah ini. Jika mengemudikan mobil matic anda tak perlu repot, maka beda halnya dengan mengemudikan mobil manual terutama saat tanjakan. Untuk itu kita akan bahas bagaimana cara mengemudi mobil manual di tanjakan agar tidak mundur.

 

Mau itu turunan maupun tanjakan, anda hanya harus mengendalikan gasnya saja jika itu adalah mobil matic. Berbeda dengan mobil manual dimana anda harus memindahkan transisinya ke gigi yang tepat agar mobil dapat tetap melaju tanpa hambatan saat sedang berada di tanjakan. Dan inilah langkah mudah bagaimana cara mengemudi mobil manual di tanjakan.

  1. Kaki dan tangan Standby

Saat menemui tanjakan, mengemudi dengan mobil manual tentunya kaki dan tangan harus selalu siap. Ingat jangan panik dan  konsentrasi adalah kuncinya agar tidak salah mmindahkan gigi. Dalam hal ini pastikan kaki kanan anda dalam keadaan standby di bagian pedal gas. Sedangkan kaki kiri siapkan untuk menginjak bagian pedal kopling sepenuhnya.

  1. Posisi persneling

Saat di tanjakan, maka rubahlah persneling agar masuk ke gigi 1. Sedangkan tugas tangan kiri anda adalah untuk melepaskan rem tangan yang aktif.

  1. Injak pedal perlahan

Cara selanjutnnya adalah dengan menginjal pedal mobil secara perlahan, sedangkan kaki di bagian pedal kopling kurangilah tekanannya. Sambil melakukan hal tersebut, anda harus menurunkan bagian rem tangan secara perlahan pula.

  1. Rem tangan

Setelah anda mulai berjalan di tanjakan, maka nonaktifkan rem tangan agar jalannya mobil tidak menyentak, namun juga tidak mundur ke belakang dimana hal itu bisa jadi berbahaya. Jika ada mobil dalam jarak dekat di belakang anda maka itu akan sangat berbahaya.

 

Dan itulah cara mengemudi mobil manual di tanjakan yang adapat anda pelajari bagi anda yang masih dalam proses latihan mengemudi. Hal yang paling penting saat anda belajar mengemudi adalah tenang dan fokus. Jika anda panik, maka cara di atas mungkin tidak akan bisa anda lakukan dengan baik. Karena mengemudi membutuhkan konsentrasi dimana kaki dan tangan harus bergerak dalam waktu yang sama untuk mobil manual. Selain masalah mengantuk, salah satu hal yang menyebabkan adanya kecelakaan adalah panik atau tidak fokus. Untuk itu, pastikan anda fokus dan tidak dalam keadaan panik saat mengemudi untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Dan berikut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat anda belajar mengemudi mobil manul di jalan tanjakan. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah mengetahui tenaga puncak pada mobil manual. Diamna pada gigi 1 dan 2 lah mobil ini dalam tenaga puncak. Selain itu gunakan rem tangan dengan efisien. Dan yang terakhir adalah untuk mengantisipasi berhenti di tanjakan, guankahlan 3 cara berikut. Pertama gunakan rem tangan, kedua dengan rem kaki, dan yang terakhir dengan menggunakan kombinasi antara kopling dan juga gas.

Ad
Authored by: Della Firdatia