Cara Mengemudi Mobil Manual Yang Harus Anda Ketahui   

Cara Mengemudi Mobil Manual Yang Harus Anda Ketahui  

Ad

Mengendarai mobil memang susah-susah gampang. Susah jika untuk orang awam yang belum pernah sama sekali mengendarai mobil atau orang yang masih dalam proses belajar. Mudah bagi orang yang sudah terbiasa menggunakan mobil atau pernah mengemudi mobil sebelumnya.  Untuk mengendarai mobil tentunya anda juga harus mengetahui seluk beluk dan fungsi berbagai tombol yang ada di dalam mobil.  Jika fungsi tombol sudah anda kuasa seluruhnya, tentu saja untuk belajar berkendara mobil akan lebih mudah.  Dalam mengemudikan mobil, tentunya anda juga harus belajar erlebih dahulu. Agar pada saat berkendara tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain.  Terlebih lagi pada mobil manual yang apapun harus dilakukan secara manual. Berbeda jalnya jika jenis mobil matic yang mana beberapa halnya bis dilakukan secara otomatis. Oleh karena itu, mengendarai mobil manual tidak boleh sembarangan. Anda harus mempelajarinya secara matang. Lalu bagaimana cara mengemudi mobil manual?  Pertanyaan ini banyak dilontarkan untuk mereka yang memiliki mobil manual dan ingin belajar mengendarainya. Daripada penasaran, langsung saja simak jawaban dan penjelasannya di bawah ini.

 

Berikut adalah beberapa tahapan dan cara mengemudi mobil manual yang bisa anda lakukan, diantaranya adalah:

  1. Masuklah ke dalam mobil yang berada dalam posisi datar. Jangan lupa untuk menggunakan sabuk pengaman untuk melindungi anda.
  2. Aturlah posisi tempat duduk anda smapai anda merasa nyaman saat di perjalanan.
  3. Dalam mobil jenis manual, anda biasanya akan menemukan berbagai jenis pedal di dalamnya. Anda harus mengetahui fungsi pedal yang ada di dalam mobil. Pedal yang ada di sebelah kiri atau pada kaki kiri anda adalah pedal untuk kopling. Pedal yang ada di tengah adalah pedal untuk rem. Sedangkan pedal yang berada di kaki kanan anda adalah pedan untuk gas.
  4. Anda juga harus bisa menguasai kopling. Keberadaan kopling dalam mobil manual sangatlah penting. Kopling berfungsi untuk memutuskan putaran mesin dan roda yang masih berhubungan, dan menambah ataupun mengurangi gigi yang digunakan. Jadi jika anda akan mengurangi dan menambah gigi, anda harus menginjak pedal kopling. Mesin mobil yang masih menyala dan belum berjalan sudah mengalami putaran. Namun tidak terhubung dengan roda. Jadi untuk menjalankannya anda juga harus menggunakan kopling. Kopling dan roda akan terhubung jika persenelingnya beda dalam posisi 1,2,3,4,5, dan R serta posisi kopling tidak ada tekanan sama sekali.  Sedangkan jika perseneling berada di posisi “N” atau normal, maka kopling dan roda tidak akan terhubung dan tidak bisa berjalan.
  5. Selanjutnya adalah anda juga harus bisa untuk mengoperasikan pedal. Anda harus berkonsentrasi dan mengingat jarak antara ayunan pedal, jarak peda, dan juga pedal gas.
  6. Untuk melepas kopling, anda juga harus melepasnya secara pelan-pelan dan teratur.
  7. Jika anda sudah hal mengenai awalan di atas. Pada saat menghidupkan mesin, stater mesin dengan memutar kunci kontak dan menginjak kopling secara penuh. Jika mesin sudah menyala, anda harus melepas pedal kopling secara pelan-pelan. Namun pastikan tuas masih dalam posisi “N” atau netral.
  8. Setelah posisi kaki dan kopling anda sudah hampir selesai, Injak pedal gas dengan perlahan-lahan pula. Ingat ya, antara kopling dan gas harus seimbang agar mobil tidak berjalan secara mendadak.
  9. Posisi rem juga harus anda kuasai jika harus berhenti dalam keadaan darurat. Jadi anda juga harus berkonsentrasi dan bisa menyeimbangkan antara kopling, gas, dan juga rem.
  10. Anda juga harus mmeperhatikan suara mesin. Jika suara mesin stabil, anda bisa mulai menjalankan mobil anda, namun jika suara mesin dalam mobil anda tidak stabiil dan terdengar seperti akan mati, anda juga harus menahan pedal kopling lebih dalam lagi.

 

Seperti itulah cara mengemudi mobil manual. Memang sedikit ribet dan butuh konsentrasi tinggi. Namun jika anda sudah terbiasa, tentunya ini akan sangat mudah untuk anda lakukan. Jangan menyerah untuk belaar dan teruslah mencoba J.

 

Ad
Authored by: Della Firdatia