Cara Mengendarai Mobil Matic Secara Cepat dan Mudah

Cara Mengendarai Mobil Matic Secara Cepat dan Mudah

Ad

Mobil matik merupakan salah satu mobil yang banyak digunakan oleh kebanyakan orang saat ini. Jenis mobil ini merupakan jenis mobil sebagai akibat dari perkembangan teknologi yang semakin  canggih dan maju. Jika sebelumnya jenis mobil yang ada dan banyak digunakan adalah mobil manual, namun seiring dengan berkembangnya waktu dan teknologi yang semakin canggih, hadir mobil matic yang lebih simple dan mudah  untuk digunakan.  Tentunya jenis mobil ini snagat cocok untuk para pemula yang masih awal menggunakan mobil. Tidak hanya itu, jenis mobil matic  ini juga merupakan jenis mobil yang sangat recommended para pengemudi yang masih belajar.  Hal ini dikarenakan cara mengendarainya yang sangat mudah dan bisa dipelajari secara cepat. Tentunya ini sangat cocok untuk para pemula bukan? Oleh karena itu, banyak orang yang tertarik mengenai informasi cara mengemudi mobil matic.  Untuk mencari penjelasannya anda tidak perlu khawatir, karena artikel ini akan menjelaskan kepada anda bagaimana cara mengendarai mobil matic secara cepat dan mudah. Untuk penjelasan ebih lengkapnya, langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini.

 

Berikut adalah beberapa cara mengendarai mobil matic secara cepat dan mudah yang bisa anda praktikkan. diantaranya yaitu:

  1. Hal yang pertama yang harus anda lakukan adalah menghidupkan mobil terlebih dahulu. Untuk menghidupkan mesin pada mobil matic, anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa tuas mobil tersebut dalam keadaan “P” atau parkir. Atau biasanya ada juga yang disimbolkan dengan “N” atau netral. Dengan keadaan tuas mobil yang seperti itu, maka mesin mobil sudah bisa hidup sendiri. Hal ini dikarenakan mesinnya telah diciptakan dan didesain secara khusus sehingga mesin mobil sudah bisa menyala dengan posisi tuas seperti yang sudah dijelaskan di. Jadi anda tidak perlu menstater mobil seperti pada jenis mobil manual lainnya.
  2. Setelah mesin mobil sudah hidup, tunggu beberapa saat terlebih dahulu agar suhu kerja mesin normal dan percepatan dalam pemindahan dapat tercapai secara otomatis.
  3. Jika kita akan menjalankan mobil, pastikan terlebih dahulu bahwa rem sudah ditekan.
  4. Jika anda akan menggeser tuas dari “P” atau “N” ke “R” atau ke “D” dan juga sebaliknya, pastikan terlebih dahulu anda menekan rem agar mesin tidak mudah rusak.
  5. Apabila anda ingin memulai perjalanan anda, pastikan terlebih dahulu bahwa tuas dalam posisi “D” atau drive dan mobil akan berjalan maju. Jika anda ingin berjalan mundur, anda bisa menggeser tuas ke posisi “R” atau mundur.
  6. Pada saat posisi jalan menanjak atau menurun yang sangat ekstrem, anda harus menggeser tuas anda ke posisi satu. Sedangkan jika posisi jalannya licin atau jalannya mengalami belok-belokan yang tajam, lebih baik posisi tuas 2 dan disertai dengan adanya pengerean.
  7. Dalam keadaan jalana yang macet dan sangat terkenal ramai, anda bisa mengunakan metode pengoperasian ekonomis yang akan merubah perpindahan percepatan yang otomatis lebih lambat.
  8. Dalam mobil matic, tentunya anda akan menemui tombol OD yang berarti perpindahan percepatan hanya dibatasi sampai dengan gigi 3. Jika tidak ada tombol OD anda bisa menggantinya dengan menggeser tuas ke posisi 3. Tombol ini dimanfaatkan untuk anda yang sedang berada di jalan yang lurus atau untuk mendahului mobil yang berada di depannya dengan kecepatan sekitar 60-80 km per jam.
  9. Jika anda akan menambah gigi anda bisa menggeser tuas + dan mengurangi gigi dengan menekan tombol -.

 

Inilah ulasan dan penjelasan singkat mengenai cara mengendarai mobil matic. Bagiamana, sangat mudah bukan? Jadi tunggu apa lagi? Selamat mempraktikan dan selamat mencoba.

Ad
Authored by: Della Firdatia