Cara Menghilangkan Karat Pada Motor Terutama Knalpot

Cara Menghilangkan Karat Pada Motor Terutama Knalpot

Ad

Salah satu pilihan bagi banyak orang dalam penggunaan motor untuk aktivitas sehari-hari. Dengan penggunaan setiap harimmungkin akan mengakibatkan motor memiliki masalah, salah satunya karat. Anda ingin mengetahui bagaimana cara menghilangkan karat pada motor terutama knalpot? Anda sebagai pengguna yang baik anda perlu melakukan perawatan sepeda motor yang anda gunakan sehari-hari. Sebaiknya anda perlu melakukan cek rutin pada motor anda minimal sebulan sekali anda bawa ke bengkel.

Banyak masalah yang seringkali dihadapi bagi pengguna sepeda motor yaitu dengan munculnya karat pada besi besi motor terutama bagian knalpot. Jika anda membiarkan karat pada kendaraan motor anda tentunya akan terjadi keroposan pada besi motor tersebut. Jika keropos tersebut dibiarkan maka akan mengalami kerusakan seperti terjadinya lubang di bagian knalpot. Jika knalpot tersebut berlubang maka akan terjadi kebocoran dan jika terjadi kebocoran maka suara knalpot motor anda akan berubah karena aliran gas pembuangan semakin terhambat dan motor anda akan kekurangan tenaga. Dengan demikian anda harus perlu mengetahui tentang cara menghilangkan karat pada motor terutama bagian knalpot. Penyebab berkaratnya knalpot biasanya dari diri anda sendiri yang malas untuk merawat motor tersebut. Dengan adanya debu dan kotoran yang menumpuk. Hal tersebut menimbulkan kerak serta karat pada besi motor. Dan biasanya knalpot berkarat juga bisa disebabkan oleh air hujan yang membasahi dan anda biarkan begitu saja. Berikut cara-caranya yang bisa anda lakukan :

  1. Oli bekas : Anda bisa menggunakan oli bekas untuk menghilangkan karat besi pada motor anda. Oleskan secara merata oli tersebut pada besi motor khususnya knalpot yang terkena karat seperti pada pipa atau bagian leher knalpot. Setelah anda mengoleskannya hidupkan motor dan biarkan beberapa menit sampai knalpot panas. Oli tersebut akan bereaksi dengan karat dan karat tersebut akan luntur. Dengan penggunaan oli bekas anda juga bisa membersihkan knalpot pada bagian dalamnya. yaitu dengan cara anda memasukkannya ke dalam lubang knalpot secukupnya lalu jika suhu knalpot mulai panas maka asap akan keluar dari lobang knalpot.
  2. Menggunakan stempet atau gemuk juga bisa menghilangkan karat pada knalpot motor anda. Bahan ini bisa digunakan untuk melumasi bagian motor dan mencegah kembali terjadinya karat. Cara penggunaannya sama seperti menghilangkan karat dengan menggunakan oli bekas.
  3. Dengan bahan bakar Pertamax plus juga bisa menghilangkan karat pada besi motor khususnya pada knalpot. Anda bisa menggunakan cara dengan mencampurkan bahan bakar ini dengan minyak solar dengan perbandingan 1:2. Kemudian oleskan bahan campuran tersebut pada bagian motor yang berkarat dengan menggunakan sikat gigi. Anda bisa sikap kan bagian yang sudah diolesi dengan bahan campuran tersebut. Dan karat pada knalpot anda akan rontok.
  4. Dengan bahan pembersih keramik bisa anda pergunakan untuk membersihkan karat pada knalpot motor anda. Cara ini juga banyak dipraktekkan oleh banyak orang. Dengan cara anda tuangkan pembersih keramik tersebut di wadah dan oleskan ke bagian knalpot yang berkarat. Diamkan sejenak setelah itu anda bisa menyikat pada tempat yang sudah dioleskan dengan menggunakan sikat gigi. Dengan menggunakan cairan pembersih keramik ini anda harus berhati-hati jangan sampai terkena mesin blok motor karena akan terjadi korosi.
  5. Dengan pasta gigi, jika anda melapisi bagian motor anda dengan krom termasuk knalpot. Hal ini bisa memudahkan anda dalam membersihkan karat di knalpot hanya dengan menggunakan pasta gigi. Anda bisa oleskan pasta gigi tersebut dan Diamkan sejenak. setelah beberapa menit kemudian anda bisa menggosokan kain lap sampai bersih. Lakukan hal ini secara berulang untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Demikian beberapa cara menghilangkan karat pada motor yang khususnya knalpot yang bisa anda coba sendiri di rumah.

Ad
Authored by: Della Firdatia