Cara Menghitung Kredit Mobil Baru

Cara Menghitung Kredit Mobil Baru

Ad

Mobil merupakan transportasi penting impian setiap orang, apalagi dizaman modern ini keberadaan mobil tidak lagi menjadi hal mewah, namun masih banyak orang yang belum bisa membeli mobil. salah satu cara yang bisa dipilih untuk bisa memiliki mobil adalah dengan cara kredit mobil. Dengan membeli dengan cara kredit maka tidak perlu membutuhkan banyak uang secara langsung, bisa mencicil dengan rentang waktu yang cukup lama. Sebelum anda membeli mobil dengan cara kredit, anda harus tahu cara menghitung kredit mobil, dengan begitu anda bisa memilih tempat kredit satu dengan yang lainnya, anda bisa memilih tempat kredit yang lebih terjangkau dibanding tempat lainnya, sehingga jika dijumlahkan anda bisa lebih berhemat. Ada beberapa pilihan jenis mobil yang bisa anda kredit, anda bisa memilih kredit mobil bekas dan bisa juga memilih kredit mobil baru. Untuk anda yang ingin melakukan kredit mobil bekas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti harga mobil, tenor kredit dan jumlah uang yang harus disetorkan.

Untuk cara menghitung kredit mobil ditentukan juga dari pemilihan jenis mobil yang ingin di beli, setelah anda memilih jenis mobil yang ingin dibeli, anda juga perlu memperhatikan beberapa hal berikut, pertama tarif bunga leasing tau bank, perhatikan juga tarif asuransi, biaya administrasi, tenor atau jangka waktu kredit mobil, besaran DP dan juga cicilan. Selanjutnya beberapa hal yang menentukan besaran kredit mobiil yang harus anda ketahui :

  • Menentukan uang DP

Dilihat terlebih dahulu harga mobil yang akan dikredit, dan biasanya uang DP awal 20%, maka uang yang harus dibayarkan adalah Rp 40 juta.

  • Pokok kredit atau PK

Hitung juga pokok kredit atau sisa kredit yang harus dibayarkan, untuk rumus PK adalah harga mobil dikurangi dengan DP, sehingga misal harga mobil Rp 200 juta dikurangi dengan DP Rp 40 juta maka PK 160 juta.

  • Menentukan tariff bunga

Menghitung tariff bunga juga sangat penting untuk dilakukan, caranya dengan mengalikan PK dengan persenan tariff bunga dan sudah ditentukan dengan berdasarkan tenor atau jangka waktu.

  • Menentukan jumlah cicilan

Selanjutnya penting menghitung besaran cicilan yang harus dibayar dengan jangka waktu tertentu. Rumusnya dengan menambah pokok kredit dan tariff bunga dan dibagi dengan jangka waktu kredit.

  • Menentukan tariff asuransi dan biaya administrasi

Untuk menghitung tariff asuransi tarif asuransi untuk 3 tahun dikalikan dengan harga mobil.

Berikut ini adalah contoh cara menghitung kredit mobil yang harus anda ketahui dan harus anda perhatikan, conthnya jika harga mobil Rp 250.000.000, uang muka 30%, dengan tenor 5 tahun, dengan bunga pinjaman 4.8% pertahun, biaya lain 5%, biaya polis asuransi Rp 40.000 dan untuk biaya administrasi Rp 700.000, jika dikalkulasikan maka total pembayaran pertama Rp 92.731.666, 67. Untuk pembayaran selanjutnya Rp  3. 616.666,67. Bagi anda yang ingin melakukan administrasi juga harus menyiapkan dokumen, dengan memenuhi persyaratan dokumen maka pengajuan kredit berjalan dengan baik.adapun dokumen yang harus anda penuhi adalah kartu identitas seperti KTP atau SIM, slip gaji, bukti pajk bumi bangunan atau rekening, NPWP, akte pendirian SIUP, tagihan kartu kredit selama 3 bulan terakhir, keterangan izin praktek, dan masih banyak lagi lainnya. dengan menyiapkan dokumen- dokumen tersebut maka kemungkinan kredit mobil bisa berjalan dengan baik.

Ad
Authored by: Della Firdatia