Cara Menghitung Pajak Mobil Untuk Setahun      

Cara Menghitung Pajak Mobil Untuk Setahun    

Ad

Jumlah pajak kendaraan yang harus dibayarkan oleh setiap orang berbeda- beda tergantung dari jenis mobil yang merek miliki. Apalagi pajak mobil juga harus dibayarkan setiap tahun, jadi mungkin untuk perhitungannya tidak semua orang mengetahuinya. Padahal, mengetahui jumlah pajak yang harus kita bayarkan itu sangat penting. Agar saat jatuh tempo dapat langsung dibayarkan, akan lebih bagus jika kita telah mempersiapkan jumlah yang yang diperlukan untuk bayar pajak. Sebenarnya, kita dapat mengetahui cara menghitung pajak mobil sehingga jumlahnya dapat anda siapkan seblum nantinya jatuh tempo dengan STNK. STNK yang merupakan singaktan dari Surat Tanda Nomor Kendaraan merupakan salah satu bagian penting bagi kendaraan bermotor.

 

Selain harus dibawa saat mengemudi. STNK ini berisi tentang berbagai informasi mengenai mobil anda yang merupakan bukti registrasi serta alat untuk mengidentifikasi mobil anda. Beberapa masih bingung dalam hal ini dan khirnya malah kaget saat di samsat karena jumlah pajak yang harus dibayarkan masih belum mereka ketahui dengan pasti. Namun dengan cara menghitung pajak mobil berikut ini, anda tidak akan lagi merasa kebingungan mengenai jumlah pajak yang harus anda bayarkan.

  1. Mengetahui apa saja yang dihitung

Saat kita membayar, inilah beberapa bagian yang biayanya harus dibayarkan. Yang pertama da Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor atau BBN KB. Penghitungan BBN KB ini tergantung adri kendaraan bermotor yang kita miliki. Dimana mobil baru dan yang bekas memiliki jumlah yang berbeda. yaitu 10% untuk baru, dan yang bekas sekitar 2/3 dari pajak PKB.

  1. Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)

Yang harus dibayarkan selain biaya BBN KB adalah PKB dimana besarnya dalah sekitar 1.5% dari nilai jual mobil anda maupun kendaraan bermotor lainnya. Tentu saja jumlah yang harus dibayarkan akan menurun setiap tahunnya karena nilai jual sebuah mobil tentu akan ebrubah setia tahunnya.

  1. SWDKLLJ dan biaya administrasi

Biaya lainnya yang juga harus dibayarkan adalah SWDKLLJ atau yang memiliki kepanjangan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan dimana setiap mobil biayanya sama yaitu 143rb. Sedangkan untuk motor lebih murah yaitu 35rb. Untuk biaya administrasinya, ada biaya administrasi STNK dan juga Tanda Nomor Kendaraan Bermotor(TNKB).sedangkan Biaya terakhir yang harus dibbayarkan adalah denda pajak khusus untuk anda yang membayar melebihi waktu jatuh tempo.

  1. Perhitungan denda

Untuk lebih detailnya, perhitungan denda juga sebaknya anda hitung jika anda membayar saat telah lewat jatuh tempo. Untuk denda PKB, anda akan dikenai sejumlah 25 persenya setiap tahun. sedangkan untuk anda yang terlambat 3 bulan, maka menghitung biayanya dengan mengalikan PKB dengan 25% dan mengalikan 3/12 yang merupakan waktu anda terlambat dalam setahun. Terakhir untuk teah 6 bulan, maka dendanya tinggal anda kalikan 6/12.

 

Dengan cara menghitung pajak mobil seperti di atas, anda sudah dapat menyiapkan jumlah pajak yang harus anda bayarkan dalam setiap tahunnya. Sehingga saat anda pergi ke kantor pajak untuk membayar pajaknya, anda tidak perlu kaget karena sudah memperkirakan jumlahnya. Bahkan jumlah dendanyapun dapat anda perkirakan jika sewaktu-waktu anda terpaksa menunda permbayaran pajak dan harus membayar dendanya. Jadi sekarang anda sudah paham kan, bagaimana cara menghitung pajak mobil yang mudah dan benar. Jika anda merasa informasinya bermanfaat, silahkan bagikan kepada rekan orag terdekat yang mungkin membutuhkannya.

Ad
Authored by: Della Firdatia