Cara Menginjak Kopling Dan Cara Melepas Kopling Mobil Agar Mesin Tidak Mati

Cara Menginjak Kopling Dan Cara Melepas Kopling Mobil Agar Mesin Tidak Mati

Ad

Pernahkah anda mengalami mobil mati di tengah jalan? Bisa jadi hal tersebut karena anda salah dalam mengoperasikan mobil anda khususnya untuk mobil manual karena menggunakan kopling. Jika tidak benar dalam mengganti kopling, maka mobil dapat mati tiba-tiba. Tentunya sangat malu ketika mobil tiba-tiba mati di tengah jalan, karena itulah agar kejadian tersebut tidak terjadi kembali anda harus mengetahui cara melepas kopling mobil agar mesin tidak mati dengan membaca artikel ini hingga selesai. Walaupun ada kemungkinan lain yang menyebabkan mobil anda mati seperti misalnya kanvas kopling yang sudah habis, kanvas kopling yang aus dan lain sebagainya. Namun sebaiknya jangan menaruh curiga terlalu jauh terlebih dahulu, anda bisa melihat dari cara anda menyetir mobil dahulu apakah cara menyetir dan mengganti kopling anda sudah benar? Seperti apa ketika anda memindahkan gigi tinggi ke gigi rendah saat belok atau ketika di lampu merah? Bagaimana caranya anda menginjak dan melepaskan kopling?

Tidak selamanya mobil mati karena adaya konslet atau kerusakan di mesin mobil. Karena itulah anda harus benar-benar yakin jika cara mengemudi anda sudah benar daripada anda membawa mobil anda yang sebenarnya masih bagus ke bengkel. Walaupun mobil anda baik-baik saja, tentu anda akan dikenakan biaya untuk mengecek mobil anda. Daripada mengeluarkan banyak uang untuk mobil yang sebenarnya tidak memiliki masalah apapun, tentu lebih baik melihat cara mengemudi anda apakah sudah benar atau belum. Jika anda tidak yakin, anda bisa bertanya kepada teman atau keluarga anda yang pernah naik mobil bersama anda. Apabila mereka mengatakan bahwa cara mengemudi anda buruk, maka anda harus mengetahui cara melepas kopling mobil agar mesin tidak mati di tengah jalan.

Sebenarnya selain cara melepas kopling mobil agar mesin tidak mati, anda juga harus mengetahui cara menginjak kopling dan memilih gigi yang tepat agar mesin tidak mati. Berikut akan dijelaskan masing-masing dengan lengkap.

  • Menginjak kopling

Jangan pernah sekali-kali menginjak pedal kopling hanya setengah karena hal tersebut dapat membuat permukaan kanvas tergerus lebih cepat. Bila diumpamakan, menginjak pedal kopling setengah seperti permukaan koin yang digerinda sehingga koin mengalami gesekan yang sangat keras. Hal tersebut membuat kanvas kopling menjadi cepat terkikis. Ketika anda belum mahir mengemudi mobil, hindari jalanan menanjak yang padat, berilah jarak yang cukup jauh sehingga anda dapat maju dengan mulus tanpa perlu menginjak pedal kopling setengah. Jika macet di jalanan datar, berhenti saja dan gunakan rem tangan setelah menetralkan kopling.

  • Melepas kopling

Pelan-pelan saja ketika melepas kopling setelah melakukan pemindahan gigi. Karena jika anda langsung melepas kopling, akan timbul hentakan yang cukup keras. Saat terjadi hentakan, terjadi pula gesekan pada kanvas yang membuat kanvas cepat terkikis.

  • Memilih gigi

Kebiasaan buruk lainnya yang tidak boleh dilakukan adalah mengganti gigi seenaknya saja tanpa memperhatikan kecepatan kendaraan. Banyak masyarakat yang menggunakan posisi gigi tinggi untuk kecepatan yang rendah, hal tersebut karena banyak yang beranggapan bahwa memindahkan posisi gigi terlalu sering dapat membuat kanvas kopling lebih boros. Padahal hal tersebut salah besar dan malah berkebalikan. Apabila anda mengganti posisi gigi pada kecepatan yang tidak seharusnya, kopling akan meneruskan putaran mesin ke penggerak roda mobil dengan beban yang lebih berat akibat gesekan yang terjadi di kanvas.

Ad
Authored by: Della Firdatia