Cara Mengkilapkan Cat Mobil Dengan Mudah

Cara Mengkilapkan Cat Mobil Dengan Mudah

Ad

Banyak orang yang penasaran dengan cara mengkilapkan cat mobil, biasanya mereka membawa mobil kebengkel dan melakukan pemolesan, namun biaya pemolesan cukup mahal dan anda harus merelakan uang anda untuk mempercantik mobil. Memiliki mobil baru memang menjadi kebanggaan sendiri, namun seiring waktu warna mobil semakin luntur dan terlihat kurang menarik. Untuk mengembalikan warna seperti baru dibutuhkan beberapa cara, anda bisa menggunakan NC atau dikenal dengan nama Nitro Celulose, bisa juga dengan Nitro Celulose Modified, bisa juga dengan menggunakan PU atau Plyurethane. Selain cat mobil yang luntur, penyebab cat lainnya yang tidak menarik adalah bisa diakibatkan oleh kotoran burung atau serangga yang menempel di mobil, mencuci mobil dengan menggunakan air panas, garam, disebabkan polusi udara, pemoles mobil dengan menggunakan bahan abrasive, dan masih banyak lagi lainnya.

Berikut ini adalah cara mengkilapkan cat mobil dengan menggunakan produk cat yang mudah anda dapatkan :

  • Nitro Celulose Modified

Merupakan jenis cat yang sering digunakan oleh mobil tahun 90-an, anda juga bisa menggunakan tambahan bahan hardener sehingga warna cat semakin kuat.

  • Polyurethane

Untuk jenis cat ini sering digunakan oleh mobil tahun 2000-an, jenis cat ini memiliki ketahanan yang lebih lama dibanding jenis cat lainnya. anda sebaiknya tidak menggunakan bahan silicon dengan cat jenis ini, namun sebaiknya menggunakan bahan organic.

  • Nitro Celulose

Untuk jenis cat ini biasa digunakan pada mobil keluaran thun 80-an, untuk tipe cat ini tidak terlalu stabil, untuk anda yang memiliki mobil menggunakan cat bahan ini maka anda sebaiknya merawat dengan dasar silicon.

Selain menggunakan jenis cat diatas, anda juga harus merawat cat mobil dengan baik, berikut cara merawat dan cara mengkilapkan mobil:

  • Gunakan wax

Untuk merawat mobil agar selalu mengkilap maka anda sebaiknya menggunakan wax, dengan menggunakan wax maka akan lebih aman. Berikut langkah yang bisa anda lakukan, pertama letakkan mobil anda ditempat yang teduh, silahkan cuci mobil anda hingga bersih secara keseluruhan, tidak perlu menggunakan shampoo atau produk lainnya kecuali jika benar-benar kotor, selanjutnya keringkat mobil anda dengan menggunakan chamois, dan anda bisa memulai untuk memoles, jika cat anda masih bagus anda bisa melewatkan untuk memoles, anda bisa langsung memoles. Cara melakukan wax adalah dengan siapkan wax, obat poles, spons, dan kain yang lembut juga bersih. Silahkan oleskan obat poles dengan menggunakan spon, jika sudah kering anda harus membersihkan sisa dari obat poles, kemudian proses wax bisa dimulai, caranya hampir sama dengan memoles dengan menggunakan obat poles keseluruh mobil, jika sudah diwax maka selanjutnya tunggu hingga kering, jika sudah kering maka bersihkan sisa wax.

  • Cara selanjutnya untuk merawat mobil adalah dengan menghindari mobil dari hujan, ketika musim hujan alangkah baiknya mobil diparkir ditempat yang teduh memiliki atap. Selin itu jika kehujanan sesampai dirumah langsung guyur dengan air bersih dan segera keringkan. Pastikan juga mobil tidak kepanasan setiap hari, sebaiknya jangan parkir dibawah sinar matahari langsung dalam waktu yang lama. Selain itu sebaiknya jangan menggunakan cover yang mampu menembus air, jangan parkir dibawah pohon rindang, cat mobil anda bisa terkena kotorang serangga dan bisa juga terkena goresan dahan yang jatuh. Selain itu hindari penggunaan bahan kimia yang mampu merusak tampilan mobil.
Ad
Authored by: Della Firdatia