Cara Over Kredit Mobil Yang Wajib Diketahui

Cara Over Kredit Mobil Yang Wajib Diketahui

Ad

Sudah tidak bisa membayar kredit mobil dan ingin mengalihkan kredit ke orang lain? Jika benar, maka Anda harus tahu bagaimana cara over kredit mobil yang benar. Istilah over kredit merupakan istilah yang sangat umum dikehidupan masyarakat luas. Secara sederhana, over kredit membuat siapa saja seperti menjual barang yang masih belum lunas kepada orang lain agar bisa membayar sejumlah uang dan bisa melanjutkan cicilan. Namun, secara praktiknya tidaklah sesederhana yang telah disebutkan tadi. Dalam hal jual beli kendaraan secara kredit termasuk dalam hal kredit mobil ada undang-undang yang menjadi dasar. Di Indonesia disebut dengan Undang-undang Jaminan Fidusia. Di dalam undang-undang sangat jelas dituangkan berbagai hal yang menyangkut antara kreditur dan debitur serta risiko yang mengikat. Dan pada kasus over kredit, seseorang yang tercatatan sebagai orang yang kredit mobil bisa saja masuk penjara.

Mengapa over kredit bisa berujung pada jeruji penjara? Dalam perundangan tidak akan membuat Anda terbebas dari kredit mobil jika over kredit dilakukan tanpa diketahui pihak leasing. Jika Anda termasuk orang yang tidak melakukan over kredit secara legal atau diketahui oleh pihak leasing, maka potensi Anda mendapati urusan hukum akan sangat besar. Hal ini terjadi ketika Anda mendapatkan pembeli mobil yang ternyata tidak bisa membayarkan cicilan. Maka dari itu, cara over kredit mobil yang benar harus Anda ketahui agar tidak membawa masalah dikemudian hari. Seperti apa caranya?

  • Langkah awal dan utama dalam hal over kredit mobil adalah dengan berbicara ke pihak leasing. Ya, datangi secara langsung kantor leasing atau kantor yang menyediakan fasilitas kredit mobil Anda. Katakan niatan Anda untuk melakukan pengalihan tanggungan kredit kepada pihak lain secara jelas. Dan juga, tanyakan apa saja syarat yang harus dipenuhi serta prosedur rinci yang harus Anda jalankan.
  • Kedua, perlu sekali Anda mencari pembeli mobil Anda yang tepat. Mencari pembeli mobil bukan hanya orang yang mau menerima kondisi mobil Anda dan harganya saja namun juga harus mencari orang yang mau melakukan over kredit secara legal di kantor leasing.
  • Ketika Anda mendapatkan orang yang tertarik dengan mobil Anda, maka berikan penjelasan yang lengkap dan jelas. Hal ini membuat Anda harus berkata jujur terkait kekurangan apa saja yang ada pada mobil Anda. Misalnya jika pernah mengalami kecelakaan atau terkena banjir, maka Anda berkata jujur agar tidak ada masalah dikemudian hari.
  • Setelah itu, Anda bisa langsung datang ke kantor leasing secara langsung bersama orang yang ingin membeli mobil Anda. Di kantor leasing akan dijelaskan banyak hal dan tentunya ketiga pihak baik Anda, pihak leasing, dan pembeli baru harus melakukan tanda tangan di atas perjanjian tertulis. Semua orang dalam ketiga pihak ini harus membubuhkan tanda tangan agar over kredit bisa benar-benar berjalan secara legal.

Itulah rangkuman cara over kredit mobil yang benar. Semua cara tersebut harus Anda lakukan jika Anda terbilang orang yang tidak ingin mendapatkan risiko dalam hal over kredit. Hal ini akan sangat membuat Anda dalam posisi aman ketika Anda menjual mobil yang masih dalam kondisi cicilan. Ketika over kredit Anda akan jelas lebih aman dan tidak akan mendapatkan risiko apapun karena tanggung jawab cicilan sudah dilimpahkan kepada orang yang maum membeli mobil Anda.

Ad
Authored by: Della Firdatia