Cara Perpanjang STNK Online di Jakarta

Cara Perpanjang STNK Online di Jakarta

Ad

Memiliki sepeda motor usahakan anda melakukan perawatan bagi motor tersebut agar Anda bisa menggunakan secara nyaman dan terjaga kinerjanya mesinnya. Bawalah sebulan sekali ke bengkel untuk perawatan mesin secara rutin ataupun sekedar ganti oli. Tetapi perawatan perawatan tersebut tidak saja cukup. Anda juga harus memperhatikan pembayaran pajak kendaraan bermotor Anda yaitu STNK. STNK merupakan surat tanda nomor kendaraan yang harus anda miliki Dan anda harus bayarkan setahun sekali. Jika dalam berkendaraan motor anda tidak hanya wajib membawa SIM melainkan Anda juga harus membawa STNK. Namun anda tak perlu kuatir karena kini ada cara Perpanjang STNK yang bisa dilakukan secara online. Jadi anda tidak perlu mengantri di Samsat seharian.

Dalam mengurus STNK secara online anda tidak perlu mendatangi loket untuk pembayaran pajaknya. Anda bisa mendatangi ATM terdekat dan anda melakukan transfer, bukti pembayaran yang anda dapatkan bisa dijadikan sebagai bukti sementara bahwa anda telah melakukan pembayaran pajak. Sehingga Anda mendapatkan kemudahan dengan cara perpanjangan STNK secara online. Berikut penjelasan dalam pengurusan perpanjangan STNK :

  • Melakukan pembayaran pajak tahunan.
  • Jika anda ingin perpanjangan secara online anda harus melakukan 40 hari sebelum jatuh tempo. Jika sudah lewat anda harus mengurus langsung ke kantor Samsat.
  • Nomor polisi kendaraan anda merupakan nomor polisi di Tangerang, Jakarta, Depok dan Bekasi.
  • Anda sebagai nasabah bank DKI dan memiliki kartu debit aktif.
  • Setelah semua syarat anda sudah lengkap, Anda tinggal menuju ke ATM Bank DKI terdekat. Lalu anda bisa pilih menu pembayaran PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) / STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan)
  • Selanjutnya anda bisa pilih kolom e-samsat. Lalu mesin ATM akan memberikan petunjuk dengan menampilkan jumlah tagihan yang anda harus bayarkan.
  • sebaiknya sebelum anda melakukan pembayaran cocokkan kembali data kendaraan anda dengan data kendaraan yang tertera di ATM.
  • Biasanya Bank DKI memungut biaya administrasi sebesar Rp2.000. setelah pembayaran berhasil anda lakukan, Simpan struk pembayaran tersebut namun anda tidak perlu langsung menukar struk tersebut dengan lembar pengesahan STNK di samsat.

Pada sekarang ini, banyak daerah di Indonesia yang belum memiliki cara perpanjangan STNK secara online. DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur dan beberapa daerah lain yang sudah memiliki e-samsat seperti Aceh Jawa Tengah Sumatera Barat Sumatera Utara dan DIY Yogyakarta. Sebaiknya anda mengecek berapa besaran pajak yang harus Anda setorkan sebelum Anda melakukan pembayaran pajak kendaraan anda. Anda bisa mengeceknya pada smartphone anda dengan sambungan internet. Caranya sangat mudah anda hanya perlu masuk ke dalam situs badan pengelola Pendapatan Daerah atau dengan mengirimkan SMS informasi pajak kendaraan bermotor dengan nomor plat kendaraan anda. Setelah anda mengisi dan submit, hanya dengan hitungan detik akan menerima balasan detail data kendaraan dan perincian biaya pajak kendaraan anda yang harus anda setorkan. Untuk kedepannya diharapkan seluruh masyarakat Indonesia dapat membuat sistem pengurusan pajak kendaraan secara online dan dapat dipergunakan juga untuk membayar pajak STNK 5 tahunan. Dengan tersedianya layanan sistem online bisa memudahkan masyarakat dan dapat terhindar dari calo yang memberikan harga yang mahal. Selain itu dengan anda membayar pajak secara online akan membuat anda menghemat waktu. Karena anda tidak perlu mengantri untuk melakukan perpanjangan STNK kendaraan anda. Dengan adanya sistem ini, tidak ada kata terlambat dalam pengurusan pajak STNK karena tidak adanya waktu.

Ad
Authored by: Della Firdatia