Catat! Cara Balik Nama Motor Beda Daerah dengan Mudah    

Ad

Mutasi atau balik nama untuk motor yang berbeda daerah itu merupakan sesuatu yang banyak dilakukan. Apalagi untuk anda yang membeli kendaraan bermotor second yang sebelumnya memliki pemilih dari luar daerah. Hal ini semakin wajar terjadi mengingat bahwa jual beli motor second sekarang sudah dapat dilakukan melalui online. Tidak heran jika akhirnya pemilik baru ingin membalik nama demi keperluan pembayaran pajak kendaraan bermotor. Sebelum kita bahas mengenai cara balik nama motor beda daerah, mari kita ketahui dulu mengenai macam-macam proses mutasi. Untuk proses mutasi yang pertama yang merupakan satu daerah dapat langsung dilakukan prosedur seperti biasa. Sedangkan untuk proses mutasi yang berbeda provinsi maupun daerah samsat tentu akan membutuhkan proses cabut berkas dimana anda harus berurusan dengan Polda setempat.

 

Seperti yang kita semua tahu bahwa kalau sudah berhubungan dengan yang namanya administrasi pemerintah, anda harus siap-siap repot. Apalagi mengurus berkas kendaraan yang cukup merepotkan. Belum lagi masalah biaya yang bisa jadi lebih mahal karena adanya calo maupun pungli. Sebenarnya jika kita tahu langkah-langkahnya, maka hal tersebut tentu akan lebih mudah dan andapun tidka perlu bayar calo. Dan inilah langkah-langkah yang harus dilakukan sebagai cara balik nama motor beda daerah.

  1. Memastikan semua berkas lengkap

Sebelum mulai mendatangani samsat, melengkapi semua berkas yang dibutuhkan merupakan langkah yang paling penting. Hal ini untuk mencegah prosesnya tertunda karena kurangnya berkas yang diminta oleh petugas. Apa saja berkas yang dibutuhkan untuk balik nama? anda butuh STNK asli, BPKB asli, KTP asli, dan masing-masing siapkan fotokopiannya juga. Perlu didingat bahwa ktp yang dibawa adalah KTP pemilik baru. Jangan lupa juga bawa kuitansi pembelian kendaraan bermotor beserta fotokopiannya yang telah diberi materai.

  1. Memulai tahap mengurus mutasi

Jika semua berkas telah anda lengkapi, maka yang perlu lakukan adalah mendatangi kantor samsat untuk yang merupakan penerbit BPKB. Apa saja yang perlu anda lakukan? yang pertama adalah cek fisik motor yang dilakukan kontor samsat asalnya. Di bagian ini biasanya anda akan membutuhkan biaya sebesar 30rb. Setelah itu pergilah ke bagian pelayanan mutasi kendaraan dan siapkan biaya sebesar 75rb. Setelah menerima tanda terima pendaftaran untuk mutasi, anda akan diberitahu kapan berkasnya jadi dan bisa anda ambil. Biasanya waktu yang diinformasikan adalah 5 hari setelah pendaftaran.

  1. Pengambilan berkas

Pada saat pengambilan berkas, siapkan biaya 10rb, lalu datanglah ke samsat dimana anda akan mulai mutasi motor. Ada beberapa loket yang harus anda kunjungi seperti loket cek fisik, loket berkas mutasi, loket pembayaran STNK. Untuk biaya pembayaran STNK ini biayanya tentu tergantung dari jenis kendaraan anda.

 

Jika kita tahu apa saja langkah yang harus dilakukan, tentu saja mengurus mutasi untuk kendaraan bukanlah yang yang sulit. Mungkin anda tidak repot jika menggunakan jasa calo, namun biaya yang dikeluarkan bisa saja lebih banyak dibandingkan jika anda mengurusnya sendiri. Tentu saja proses mutasi ini cukup penting bagi anda yang pindah daerah atau membeli motor yang pemiliknya merupakan orang luar daerah. Selain untuk keperluan pembayaran pajak, balik nama juga akan mempermudah hal lain yang berkaitan dengan kendaraan bermotor anda. Perlu diingat sekali lagi, bahwa persiapan berkas sangat penting dalam rangkaian cara balik nama motor beda daerah.

Ad
Authored by: Della Firdatia