Inilah Cara Mengendarai Mobil Matic Di Tanjakan Macet

Inilah Cara Mengendarai Mobil Matic Di Tanjakan Macet

Ad

Masih terbilang baru dalam mengendarai mobil matic? Jika benar, maka Anda bisa dipastikan masih memiliki sejumlah masalah di jalan ketika sedang mengendarai jenis mobil yang satu ini. Ya, pada dasarnya ketika masih baru dalam hal mengendarai mobil terutama mobil matic maka akan ada sejumlah penyesuaian yang memakan waktu. Dan berbicara soal masalah yang terjadi di jalan ketika mengendarai mobil matic adalah bagaimana yang seharusnya dilakukan ketika berada di dalam kondisi macet saat tanjakan. Masalah seperti ini akan sangat membuat banyak orang menjadi gugup dan bahkan bisa membahayakan diri sendiri serta membahayakan pengendara lain baik yang ada di depan maupun dibelakangnya. Jika Anda termasuk orang yang tidak tahu cara mengendarai mobil matic di tanjakan macet, maka ikuti terus artikel ini hingga selesai.

Seperti apa cara mengendarai mobil matic di tanjakan macet? Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh Anda ketika tidak ingin mendapatkan masalah saat terjebak macet di tanjakan. Beberapa hal yang terkait dengan cara mengendarai mobil jenis matic saat macet di tanjakan adalah sebagai berikut:

  • Pertama, usahakan untuk terus tenang dalam mengendarai mobil. Menghadapi tanjakan macet dengan keadaan gugup tentu akan membuat keadaan menjadi kacau. Dari kejauhan sebelum mobil benar-benar terjebak macet di tanjakan, maka Anda harus persiapkan diri Anda agar tetap tenang dan percaya diri bahwa Anda bisa menaklukkan tanjakan macet. Dengan pemikiran seperti itu maka Anda bisa lebih tepat dalam menjalankan teknik yang tepat.
  • Kedua, perhatikan tingkat kecuraman dari tanjakan yang akan Anda hadapi. Anda bisa menilai apakah tanjakan terbilang curam atau tidak. Jika kejadian macet terjadi di dalam tanjakan yang tidak terlalu curam, Anda bisa gunakan transmisi D2 atau transmisi 2. Mobil akan tetap memiliki kemampuan untuk menaklukan tanjakan. Namun jika berada dalam keadaan macet dan berada di tanjakan yang curam, maka sangat direkomendasikan untuk menggunakan transmisi D1 atau transmisi L. Transmisi jenis ini merupakan transmisi dengan kekuatan yang lebih besar seperti layaknya gigi 1 pada kendaraan jenis manual. Tentunya, dengan menggunakan transmisi D1 Anda bisa membuat mobil merayap perlahan di tanjakan macet.
  • Ketiga, perhatikan teknik memindahkan transmisi yang tepat untuk membuat Anda bisa mengendalikan mobil dengan baik. Saat memindahkan tuas dari posisi Drive atau D biasa menjadi D2 atau D1, maka Anda tidak perlu menginjak rem. Anda cukup tekan tombol persneling untuk bisa memindahkan transmisi.
  • Dan untuk membuat Anda lebih handal dalam menaklukkan tanjakan macet, maka Anda harus sering melatih diri Anda. Ya, hal ini menjadi penting untuk diperhatikan karena teori saja akan menjadi percuma jika Anda tidak pernah berlatih. Sebaiknya, mintalah orang terdekat yang sudah ahli untuk menemani Anda dalam berlatih di tanjakan macet menggunakan mobil matic. Dengan cara ini maka Anda akan lebih bisa mempraktikkan cara terbaik dalam mengendalikan mobil matic saat macet di tanjakan.

Untuk Anda yang kebingungan untuk berlatih mengendarai mobil matic terutama saat macet di tanjakan, sebaiknya Anda gunakan jasa kursus mengemudi. Saat ini banyak sekali kursus yang dibuka untuk siapapun yang ingin mendapatkan mentor mengemudi yang paling jelas ahli dan siap membimbing. Tentu saja, cara mengendarai mobil matic di tanjakan macet yang benar akan dijelaskan dengan jelas dan akan benar-benar diberikan arahan yang sangat rinci.

Ad
Authored by: Della Firdatia