Inilah Proses Cara Bayar Pajak Motor Lewat ATM

Inilah Proses Cara Bayar Pajak Motor Lewat ATM

Ad

Membayar pajak memang menjadi salah satu kewajiban yang harus dilakukan semua orang, sebagai warga negara yang taat dan mengikuti aturan mengharuskan semua orang untuk membayar pajak. Ketika ada salah satu pihak yang tidak ingin membayar pajak motor maka resikonya adalah kena tilang oleh pihak polisi. Namun walaupun bisa ditilang karena tidak membayar pajak masih banyak orang – orang yang tidak ingin membayar pajak dengan berbagai alasan. Jika tidak membayar ada juga beberapa orang yang telat membayar, tentu saja ketika ada orang yang telat membayar pajak maka jumlah uang yang harus dibayar lebih besar lagi, maka dari itu sebisa mungkin banyak pajak tepat pada waktunya.

Mungkin beberapa orang tidak membayar pajak karena tidak mempunyai banyak waktu untuk mengurus pembayaran pajak ini sehingga banyak dari mereka yang telat membayarnya. Salah satu cara yang bisa anda pakai untuk membayar pajak ini tepat waktu adalah dengan menggunakan cara bayar pajak motor lewat ATM. Mungkin beberapa dari anda sudah ada yang pernah menggunakan cara yang satu ini, cara ini memang terbilang mudah untuk anda lakukan sehingga anda bisa lebih mudah melakukan pembayaran pajak motor.

Sebelum anda bisa membayar pajak motor ini melalui ATM anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini. Sebelumnya anda harus memastikan bahwa rekening yang anda miliki bisa dipakai untuk melakukan pembayaran pajak terlebih dahulu. Inilah syarat yang harus anda penuhi sebelum melalukan pembayaran melalui ATM seperti nomor kendaraan tidak diblokir, pembayaran PKB per tahun, tidak untuk perpanjangan STNK 5 tahun, bayar pajak sebelum jatuh tempo atau 6 bulan, kendaaran bukan atas perusahaan, dan mempunyai nomer telepon yang bisa dihubungi.

Itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan dan anda siapkan ketika anda ingin melakukan pembayaran dengan ATM. Cara bayar pajak motor lewat ATM memang terbilang mudah untuk anda lakukan, inilah beberapa langkah yang bisa anda lakukan :

  1. Kode pembayaran dari SMS.

Cara membayar pajak yang versi 1 ini mengharuskan anda untuk mempunyai kode terlebih dahulu, kode ini bisa anda dapatkan dengan cara berikut ini :

  1. Mengirim sms dengan format esamsat – nomor rangka – nomor KTP.
  2. Tunggu balasan, biasanya balasan ini terkait dengan rincian pembayaran motor dan informasi kendaraan yang dimiliki.
  3. Pembayaran di ATM, setelah anda memasukan data pada balasan SMS tersebut anda akan mendapatkan kode pembayaran. Dengan menggunakan kode tersebut anda bisa langsung mendatangi ATM sesuai dengan bank yang anda miliki dan menggunakan kode tersebut untuk melakukan pembayaran.

 

  1. Pembayaran langsung di ATM.

Selain dengan menggunakan versi 1 anda juga bisa menggunakan versi 2 ini yang mana lebih mudah dilakukan dan hanya membutuhkan nomer TNKBnya saja. Bagi anda yang ingin melalukan pembayaran langsung di ATM ini anda bisa menerapkan beberapa cara seperti :

  1. Pastikan mempunyai rekening.
  2. Menuju ATM yang bersangkutan.
  3. Masukan kartu ATM, masuk ke menu lain – pilih pembayaran – PKB – esamsat.
  4. Masukan nomor polisinya dengan cara menu lain – pilih pembayaran – PKB – Nopol.
  5. Masukan kode sesuai dengan nomor plat kendaraan anda.

Itulah 2 versi cara bayar pajak motor lewat ATM yang bisa anda pakai, anda bisa memilih salah satu cara yang menurut anda paling mudah untuk dilakukan.

Ad
Authored by: Della Firdatia