Jangan Sampai Salah Pilih Busi Untuk Motor Dari Tiga Hal Ini

Jangan Sampai Salah Pilih Busi Untuk Motor Dari Tiga Hal Ini

Ad

Bagi kamu yang suka berkendaraan keluar kota hingga menjadi aktifitas touring tentunya membutuhkan banyak persiapan yang matang. Baik itu perbekalan yang dibawa dan juga kendaraan yang dipakai yang biasanya orang-orang memakai motor sebagai salah satu solusi untuk melakukan aktifitas tersebut.

Yang menjadi inti dari pergerakan motor itu dapat berjalan dan menggerakkan seluruh kinerja mesin yakni busi. Busi motor menjadi elemen yang paling penting dari sebuah motor. Oleh karenanya, memiliki busi menjadi alat yang mutlak untuk bisa kamu hidupkan kendaraan bermotor itu sendiri.

Karena, jikalau kamu melewatkan hal ini maka biasanya penyesalan akan selalu datang terlambat. Seketika itu juga, seluruh rencana perjalanan kamu juga akan batal karena harus menyiapkan busi yang sering terjadi kerusakan yang mendadak.

Sangat disarankan bahwa kita sebagai pemilik dari kendaraan bermotor jangan sampai salah pilih busi yang fatal resikonya jika itu terjadi. Pasalnya, banyak kejadian ketika seseorang yang memilih jenis busi untuk motornya dengan harga yang murah namun tidak berkualitas.

Sudah hakekatnya jika kita ingin merasakan kenyamanan dalam perjalanan, maka jangan salah pilih busi meskipun harganya mahal ataupun murah, semuanya perlu adanya tinjauan lebih lanjut. Dengan segala kegunaan busi, maka perlu dirawat kesehatan dari busi itu sendiri. Jangan terlalu sering memaksa mesin untuk di engkol.

Nah, dari penjelasan diatas, tiga hal ini yang dapat menjadi pedoman kamu dalam memilih jenis busi yang tidak murahan dan tepat untuk motor kita sendiri. Berikut ulasannya ya :

  • Yang pertama, jika kamu menginginkan motor dengan mesin yang mudah untuk dihidupkan maka jangan sampai salah pilih busi dengan pemilihan resistor yang tepat. Pemilihan busi dengan resistor gunanya untuk mengurangi daya hantar elektromagnet. Yang pastinya berhubungan dengan kinerja dari mesin tersebut.

Penggunaan busi dengan resistor dijamin akan aman digunakan sepanjang motor tersebut berjalan. Oleh karenanya, sangat wajib hukumnya untuk memilih busi dengan penambahan material ini. Misalkan saja pada jenis busi dengan merek NGK CR7HSA.

  • Yang kedua, jangan sampai salah pilih busi untuk motor terkait dari tingkat panasnya. Memang dari fungsi busi itu sendiri mempunyai panasnya yang berbeda-beda. Makanya, ada jenis busi yang menghantarkan kondisi dingin dan panas. Namun, dari kedua penghantaran busi ini tentu memiliki keuntungannya masing-masing dan kekurangannya.

Nah, dengan memiliki jenis penghantaran yang dingin maka didalam mesin motor kamu nantinya akan memproduksi yang namanya kerak atau karbon dan bisa berakibat missfire atau tidak adanya pengapian. Sedangkan, dari sisi panasnya maka bisa berakibat overheat dan sampai elektroda meleleh dan akhirnya rusak.

  • Yang ketiga dan sekaligus menutupi dari tiga hal jangan sampai salah pilih busi yakni penggunaan busi yang salah pada sisi desain dimensinya dan fitur yang ada pada busi. Sehingga, kebanyakan hal ini sangat tidak diperdulikan baik itu ukuran busi pendek maupun panjang.

Baca juga : Jenis Motor Berikut Yang Harus Kamu Isikan Dengan Pertalite

Ad
Authored by: Indah Fitria