Kemudahan Cara Bayar Pajak Motor Online

Kemudahan Cara Bayar Pajak Motor Online

Ad

Pajak merupakan suatu sistem pembayaran yang wajib untuk kepentingan kas negara. Tanpa adanya pajak maka negara tidak akan memiliki pemasukan yang banyak untuk masyarakatnya. Salah satu hal yang harus dan dikenakan pembayaran pajak adalah motor. Setiap orang yang memiliki motor atas nama dirinya sendiri sudah tentu akan diwajibkan untuk membayar pajak tersebut. hal ini bisa dibilang sebagai penambah masa aktif STNK yang dimiliki orang tersebut. jaman dahulu, kegiatan membayar pajak terhitung merupakan kegiatan yang sulit, ribet dan membosankan. Pasalnya kita diharuskan mengurus ini itu yang prosesnya tidak mudah. ditambah lagi kita harus sabar mengantri dengan para pembayar pajak lainnya pada satu tempat SAMSAT yang ada dalam satu Kota. Tentu saja hal ini akan membuat semua orang jadi malas membayar pajak karena prosedurenya yang tidak mudah dan praktis. Namun seiring majunya jaman dan teknologi saat ini maka kini anda tidak lagi harus membayar pajak yang ribet tersebut secara langsung. Hal ini karena kini ada cara bayar pajak motor online yang dijamin akan memudahkan anda semua.

Masih ada banyak sekali orang yang belum paham dan mengetahui cara bayar pajak motor online yang kini bisa memudahkan proses dalam melakukan transaksi dan pengurusan administrasi pajak motor. Anda sebagai salah satu masyarakat wajib pajak wajib mengetahui cara mudah yang satu ini agar anda tidak lagi kesulitan membayar pajak dan tidak ada alasan lagi untuk terlambat membayar pajak. Berikut di bawah ini merupakan cara mudahnya :

  1. Anda bisa mengirim sms yang isinya kurang lebih seperti esamsat(spasi)no.rangka(spasi)NIK/KTP. Anda bisa mengirimkan sms tersebut pada nomor server yang telah disediakan oleh bagian kepengurusan pajak yang ada di wilayah anda.
  2. Setelah anda mengirim sms tersebut maka langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan pengecekan pada status aktif NIK/KTP dan juga curanmor kemudian lakukan blokir pada server Polda.
  3. Setelah anda tadi telah mengirim sms sesuai format tersebut maka selanjutnya anda akan mendapatkan balasan yang kurang lebih isinya adalah kode yang bisa anda gunakan untuk membayar pajak online, kemudian anda akan mendapatkan info konfirmasi data kendaraan yang akan dikenakan pajak serta jumlah tagihan pajak yang harus anda bayar tersebut.
  4. Jika informasi dari sms tadi sudah sesuai dengan data anda maka selanjutnya untuk transaksi pembayaran bisa anda lakukan melalui transfer di ATM. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang ada pada mesin ATM setelah anda memilih menu lainnya kemudian memilih pajak.
  5. Setelah anda berhasil membayar maka anda pasti akan memperoleh struk atau istilahnya bukti pembayaran serta info konfirmasi berupa sms yang memberitahu bahwa anda sudah melakukan pembayaran transfer.
  6. Jangan buang bukti pembayaran yang ada karena anda harus menukarnya SKPD yang ada pada kantor samsat sebagai bukti kuat pembayaran pajak anda.

Beberapa cara bayar pajak motor online yang telah dijelaskan di atas bisa anda coba sendiri di rumah. Anda bisa menyesuaikan format pembayaran atau format sms dengan aturan yang ada di wilayah lokasi anda berada. Dengan begitu pembayaran pajak motor tidak lagi menjadi hal yang susah dan rumit dilakukan.  Anda jadi bisa lebih menghemat tenaga dan waktu anda untuk melakukan transaksi pembayaran pajak motor anda sesuai dengan cara yang mudah dan menyenangkan.

Ad
Authored by: Della Firdatia