Ketahui! Inilah Cara Membaca Ukuran Ban Mobil

Ketahui! Inilah Cara Membaca Ukuran Ban Mobil

Ad

Apakah Anda mengetahui cara membaca ukuran ban mobil yang benar? Pastinya anda mengetahui bahwa setiap kendaraan bermotor akan menggunakan ban untuk memudahkan kendaraan untuk berjalan atau melakukan mobilitas. Akan tetapi hampir setiap kendaran memiliki jenis atau variasi ban yang berbeda. Akan tetapi tahukah anda bahwa ban pada setiap kendaraan sebetulnya memiliki ukuran yang bervariasi dan bisa diketahui? Ya, setiap kendaraan memiliki ukuran ban yang berbeda dan bervariasi termasuk pada mobil. Menariknya anda bisa segera mengetahuinya dengan memperhatikan beberapa cara berikut ini.

Ban merupakan salah satu bagian yang begitu penting dalam sebuah kendaraan bermotor termasuk pada mobil. Menariknya setiap jenis mobil memiliki kondisi ban yang berbeda-beda baik dari tipe ban, jenis ban, bahkan pada ukuran ban. Perbedaan ini tentunya perlu untuk diketahui sehingga anda mampu memberikan ban dengan ukuran yang sesuai dengan yang dibutuhkan. Ban dengan ukuran yang terlalu besar atau terlalu kecil pada kendaraan bermotor anda tentu saja akan memberikan ketidak nyamanan pada saat anda menggunakan. Selain itu hal ini juga berhubungan dengan keamanan dalam berkendara. Akan tetapi tahukah anda bahwa sebenarnya ada cara membaca ukuran ban mobil sehingga anda bisa memberikan ukuran yang sesuai dan yang tepat pada kendaraan anda termasuk pada mobil anda. Ya sebetulnya setiap ban memiliki kode yang harus bisa adna baca dengan cermat. Sehingga anda bisa menemukan ban dengan ukuran dan kualitas yang sesuai dengan yang seharusnya atau ukuran standarnya. Dimana anda bisa menemukan kode ban mobil ini? Kode ban mobil ini bisa anda temukan tepatnya pada bagian pinggir luar ban mobil. Sehingga akan memudahkan anda untuk menemukannya. Kode pada ban ini akan dibuat dengan urutan angka maupun huruf yang pastinya mengandung arti. Bagi anda yang belum tahu bagaimana cara untuk bisa membaca ukuran ban yang benar, maka berikut ini adalah contoh cara melakukan pembacaan ukuran ban mobil yang benar.  Misalnya saja tertera angka 105/ 55R 10 95 H.

  • Angka 105 menunjukkkan lebal nominal bagian ban dengan satuan ukuran milimeter (mm).
  • Angka 55 berarti tingginya 55% dari lebarnya. Artinya ini merupakan rasio perbandingan tinggi ban dengan lebar ban.
  • Huruf R berarti menunjukkan bahwa ban dibuat dnegan konstruksi lapisan radial.
  • Angka 10 berarti diameter nominel untuk menggunakan pelek roda dalam satuan ukuran inchi (inch).
  • Kode 95H berarti beban maksimal atau kapasitas maksimal beban dan juga kecepatan ban yang bisa dioperasikan dalam standar keamanan tertetnu. Angka (% berarti beban maksimal adalah 690kg perban. Sedangkan H berarti kecepatan maksimal adalah 210 kmh.

Itulah berbagai cara membaca ukuran ban mobil yang bisa anda lakukan untuk bisa lakukan dengan benar. Dengan demikian maka Anda bisa melakukan pembelian ban ini sendiri dan mendapatkan ban sesuai dengan standar atau ketentuan yang seharusnya meskipun anda ingin melakukan pembelian ban dengan variasi tertentu. Selain itu perlu anda ketahui bahwa sebenarnya ban ini memiliki umur ekonomis atau masa kadaluarsa. Dimana pada umumnya umur ekonomis untuk ban kendaraan ialah dalam jangka waktu sekitar 3 tahun terhitung dari tanggal produksi atau pada saat ban telah menempuh jarak kurang lebih 60 ribu kilometer.  Ini bisa anda lihat baga kode misalnya angka 1913 yang berarti bahwa ban diproduksi pada minggu ke 19 di tahun 2013.

Ad
Authored by: Della Firdatia