Ketahuilah Cara Melepas Aki Mobil Yang Benar

Ketahuilah Cara Melepas Aki Mobil Yang Benar

Ad

Mengganti aki mobil diawali dengan melepas aki lama yang terlebih dahulu. Melakukan bongkar dan pasang aki pada mobil memang tidaklah terbilang rumit. Bagi sebagian orang yang sudah terbiasa, melepas dan memasang aki bukanlah masalah yang berarti. Sehingga, ketika akan melakukan pergantian aki maka hanya tinggal melepas aki secara mandiri tanpa ada bantuan dari orang lain. Namun, bagi orang yang belum pernah sama sekali tentunya tidak tahu seperti apa cara melepas aki mobil. Apakah Anda termasuk salah satunya? Jika ingin melakukan pergantian aki dan tidak tahu cara melapasnya, maka sebenarnya Anda bisa menyerahkan pekerjaan ini pada ahlinya. Ya, para mekanik bengkel mobil biasanya akan sangat paham tentang bagaimana cara melepas aki dan bisa memasang aki baru dengan benar. Bahkan, seringkali terdapat fasilitas melepas dan memasang aki baru dari sebuah toko aki yang bisa menyediakan aki untuk mobil baru. Ketika membeli aki Anda bisa juga ditawari jasa pemasangan akinya sehingga tidak perlu repot melepas dan memasang aki sendiri.

Namun, tidak semua orang bisa menyerahkan pekerjaan mengganti aki ini kepada orang yang profesional. Contoh yang paling nyata adalah ketika mobil sudah tidak bisa jalan atau mogok di garasi atau dipekerangan rumah sehingga Anda harus membeli aki dan melepas aki lama secara mandiri. Jika hal ini terjadi, tentu saja Anda harus tahu betul seperti apa cara melepas aki mobil yang benar. Selain itu, cara tentang bagaimana melepas aki yang benar juga diperlukan ketika memang Anda jauh dari bengkel mobil dan tidak bisa menemukan  orang yang berpengalaman. Maka dari itu, di sini akan diberikan ulasan caranya agar Anda lebih tahu bagaimana melepas aki yang benar. Seperti apakah caranya?

  • Pertama, pastikan terlebih dahulu aki mobil lama yang akan dilepas berada dalam kondisi mobil yang sudah off atau mati. Ya, matikan terlebih dahulu mobil Anda atau dengan kata lain posisikan kontak pada posisi off. Hal ini untuk membuat aki menjadi tidak mengalirkan listrik ketika Anda sedang berusaha melepasnya. Jika tidak, maka bukan tidak mungkin terjadi akan ada percikan api yang keluar dan bisa membuat Anda tersengat atau terjadi korsleting listrik.
  • Kedua, mulailah dengan melepas penahan aki mobil. Gunakan kunci yang pas untuk membuka baut penahan aki yang memang harus dilakukan. Baut penahan aki mobil yang sebelumnya belum pernah dilepas biasanya sangat keras sehingga menuntut Anda bekerja keras.
  • Ketiga, Anda harus melepas aki dengan urutan yang benar. Melepas kabel harus dilakukan berurutan yaitu diawali dengan kabel minus (-) dan baru diikuti dengan kabel plus (+). Hal ini sangat wajib dilakukan untuk kegiatan melapas aki dan tidak boleh ditawar. Jika tidak, maka akan ada potensi korsleting listrik yang memang sangat berbahaya.
  • Baru setelah terlepas akinya, Anda bisa melakukan pergantian aki dengan yang baru. Jangan lupa, aki lama yang telah terlepas tidak boleh dibuang secara sembarangan karena bisa mencemari lingkungan.

Itulah tadi ulasan cara melepas aki mobil yang benar untuk Anda ikuti. Jika memang tidak memungkinkan untuk menggunakan jasa mekanik bengkel, maka cara yang telah dibagikan tadi bisa menjadi pedoman. Cara yang telah dijelaskan tadi sangat sederhana dan lengkap. Namun jika Anda masih belum memiliki gambaran yang jelas, Anda bisa mencari tutorial caranya dalam bentuk video dari berbagai macam situs.

Ad
Authored by: Della Firdatia