Mengetahui Tata Cara Tayamum Di Mobil

Mengetahui Tata Cara Tayamum Di Mobil

Ad

Saat anda berada pada perjalanan yang begitu jauh, penting bagi anda mengetahui cara tayamum di mobil yang benar dan tepat. Sehingga anda tepat bisa melaksanakan sholat sebagai ibadah wajib bagi masyarakat yang memeluk agama Islam pada saat anda sedang berada dalam perjalanan jauh. Sehingga perjalanan yang anda lakukan tidak lantas menjadi penghalang bagi anda untuk melakukan sholat secara tepat waktu.

Memang benar jika anda bisa melakukan sholat jamak bahkan jamak qashar pada saat anda melakukan perjalanan jauh. Akan tetapi sejatinya anda tetap bisa melaksanakan sholat tepat pada waktunya meskipun anda sedang dalam perjalanan jauh. Karena Islam memberikan kemudahan bahkan tatacara untuk tetap melaksanakan sholat bahwa pada saat bersuci ketika anda sedang dalam perjalanan jauh dengan menggunakan kendaraan umum seperti mobil. Pembahasan yang pada kali ini akan lebih fokus dilakukan ialah pada masalah bersuci. Bersuci untuk melaksanakan sholat ini menjadi hal wajib. Jika pada saat kondisi biasa anda membutuhkan air untuk bersuci atau berwudhu, pada kondisi tertentu seperti ini anda diperbolehkan melakukan bersuci denngan cara tayamum di mobil.

Apa itu tayamum? Tayamum adalah cara bersuci sebagai pengganti berwudhu dengan menggunakan air. Tayamum ini merupakan ersuci yang dilakukan dengan menggunakan debu bersih atau suci sebagai medianya. Dimana tayamum ini hanya bisa digunakan pada saat tertentu saja. Diantaranya ialah pada saat anda tidak memiliki ketersediaan air yang cukup, anda tidak menemukan air yang suci mensucikan, atau pada saat anda sedang dalam perjalanan jauh dan tidak memungkinkan untuk melakukan wudhu seperti halnya pada saat anda sedang dalam kendaraan umum seperti di dalam mobil. Lalu bagaimana cara tayamum di mobil? Mengingat bahwa media yang digunakan berbeda, maka tentunya tata cara yang dilakukan juga memiliki perbedaan. Dimana perbedaan ini tidak hanya dimulai dari tata cara yang dilakukan akan tetapi juga terdapat perbedaan pada niat yang harus dilafalkan. Oleh karena itu anda harus mengetahuinya dengan baik untuk menghindarkan anda dari kesalahan dan tayamum yang anda lakukan sah dan menjadi nilai ibadah.

  • Anda bisa mencari tempat pada bagian mobil yang paling banyak debunya. Dimana debu ini nantinya akan digunakan untuk melakukan tayamum. Seperti misalnya pada bagian kursi depan tempat anda duduk atau depan kaca. Disarankan agar anda tidak mengambil debu pada bagian lantai karena takut sudah terkena lebih banyak hal najis dari kaki atau alas kaki anda.
  • Tempelkan kedua telapak kaki Anda pada bagian mobil yang banyak terdapat debu seperti kaca atau kursi bagian depan Anda. Atau anda bisa menempelkan kedua telapak tangan Anda pada bagian dinding. Jika anda berada di pesawat, hal ini juga bisa anda lakukan.
  • Mulai sapukan kedua telapak tangan Anda ke wajah secara merata dari ujung wajah hingga sampai pada dahi. Jangan lupa sebelumnya anda harus melafalkan niat untuk melakukan tayamum.
  • Kembali anda tempelkan kedua telapak tangan anda pada bagian kursi atau kaca yang banyak debu. Pastikan anda menempelkannya pada bagian yang belum tersentuh oleh anda tadi.
  • Kembali anda sapukan kedua telapak tangan pada tangan anda masing-masing. Mulai dari arah pergelangan tangan menuju ke tangan hingga siku-siku. Telapak tangan kanan untuk menyapu tangan bagian kiri. Begitu pula sebaliknya untuk telapak tangan kiri digunakan untuk menyapu telapak tangan bagian kanan.
  • Anda bisa mulai bersiap untuk menunaikan sholat.
Ad
Authored by: Della Firdatia