Mudah, Begini Cara Membaca Ukuran Ban Motor Lewat Kodenya

Mudah, Begini Cara Membaca Ukuran Ban Motor Lewat Kodenya

Ad

Untuk melihat ukuran ban motor, banyak yang sering salah menebaknya karena tidak begitu memahami kode yang terdapat di bannya. Untuk anda yang ingin memilih ban untuk motor anda, mengetahui cara membaca ukuran ban motor akan sangat membantu. Yang menunjukkan ukuran sebuah ban motor biasanya hanya berupa kode yang tidak semua orang mengerti cara membacanya. Biasanya pada kode yang terdapat di ban ada beberapa angka,huruf dan garis miring yang menunjukkan beberapa ukuran. Apalagi kode yang terdapat di sebuah ban berbeda-beda.

Sebelum kita tahu bagaimana cara membaca ukuran ban motor, sebaiknya kita kenali dulu beberapa jenis kode ban motor. Kode yang pertama dalah kode ban imperial, contohnya 4.60-H-18 4PR. Sedangkan untuk kode ban metric contoh kode bannya adalah 120/70-17 67H, dan berikut adalah penjelasan kode-kode yang terdapat dalam ban.

  1. Lebar ban

Untuk kode ban imperial, yang menunjukkan lebar bannya adalah 4.60 dimana lebar bannya dalam ukuran inchi. Sedangkan pada kode ban metric, lebar bannya dapat anda lihat di angka pertama yaitu 120 yang merupakan lebar ban yang dalam ukuran milimeter.

  1. Perbandingan tinggi ban

Sedangkan untuk perbandingan tinggi ban dari kode ban metric dalam dilihat dari angka 70% dari lebar ban yang ditunjukkan di kode.

  1. Kode kecepatan ban

Untuk ukuran kecepatan bannya, dapat anda lihat di bagian huruf yang terdapat di sebelah ukuran lebar ban dan perbandingan tinggi ban untuk kode ban imperial. Sedangkan untuk kode ban metric, kode kecepatannya terdapat di bagian akhir kode.  Tingkat kecepatan ban dapat ditunjukkan dengan menggunakan huruf Q, S, T, U, H, V, W, Y, dan juga Z. Setiap huruf tersebut meunjukkan beberapa kecepatan maksimal mulai dari 160 km/jam yang ditunjukkan dengan huruf Q. Sedangkan untuk S menunjukkan kecepatan 180 km/jam, T (190 km/jam), U (190 km/jam), hingga Z yang menujukkan kecepatan 240 km/jam.

  1. Diameter Velg

Selanjutnya adalah ukuran diameter velgnya yang ditunjukkan oleh angka setelah huruf yang menunjukkan kecepatan ban pada kode ban imperial yaitu 18. Berbeda dengan pada kode ban metric dimana diameternya velgnya terdapat tepat di sebelah ukuran lebar ban. Satuan yang digunakan untuk menunjukkan diameter velg ini adalah inchi.

  1. Beban Maximum atau kekuatan ban

Bagian ini dapat dilihat dari kode 4PR yang ada di kode ban imperial dan angka 67 pada kode ban metric. 4PR menunjukkan penggunaan lapisan kain yang dipakai untuk ban, sedangkan untuk angka 67 pada kode ban metric menunjukkan kode beban maksimum. Indeks beban maksimum pada ban ditunjukkan dalam kode angka yaitu 62, 63, 64, 66, 68, 70, 73, 75, 80, dan 90. Maisng-maisng angka mengindikasikan beban maksimal yang berbeda. Contohnya angka 67 menunjukkan beban maksimal 307.

 

Itu dia beberapa poin penting untuk memahami cara membaca ukuran ban motor. Seringkali orang salah memahami ukuran lebar dengan diameter velgnya. Setiap motor memiliki ukuran ban motor yang berbeda, jadi pastikan jika anda membeli ban dengan ukuran yang sesuai saat akan menggantinya. Jika ukuran bannya tidak sesuai, bukan hanya tidak nyaman digunakan, bisa saja bannya juga tidak akan bisa dipasang karena ukurannya tidak cocok. Jadi, sekarang sudah paham kan bagaimana melihat ukuran ban melalui kode pada bagian bannya?

Ad
Authored by: Della Firdatia