Perhatikan Cara Pasang Aki Mobil Yang Tepat

Perhatikan Cara Pasang Aki Mobil Yang Tepat

Ad

Jika anda mengalami aki yang bermasalah, jangan khawatir karena Anda bisa melakukan pemasangan sendiri dengan cara pasang aki mobil yang tepat. Jangan khawatir dan jangan takut karena anda tetap bisa melakukan pemasangan ini dengan mudah dan juga lancar.

Aki atau accu merupakan satu bagian mobil yang begitu penting karena berfungsi untuk mengalirkan aliran listrik dan juga sebagai sarana untuk menyimpan cadangan aliran listrik. Aki ini ada pada kendaraan bermotor baik pada kendaraan berroda dua maupun berroda empat. Tentunya saat aki ini mengalami masalah maka anda juga tidak akan bisa menjalankan mobil Anda. Jika anda mengalami masalah aki pada saat anda sedang dalam perjalanan, jangan khawatir karena anda bisa segera memperbaikinya dengan baik. Bahkan anda bisa melakukan cara pasang aki mobil sendiri dengan benar. Lalu apa saja yang sebaiknya diperhatikan? Diantarnya ialah sebagai berikut ini:

  • Perhatian cara melepas aki atau accu secara tepat

Sebelum Anda mengetahui cara memasang aki atau accu, tentunya anda juga perlu untuk melakukan pelepasan aki atu accu ini secara tepat. Maka dari itu ketahui terlebih dahulu cara untuk melakukan pelepasan aki. Untuk melepas aki ini, pertama yang harus anda lakuakn ialah melakukan pelepasa bagian kabel, baut, dan juga klem pada kutupnya. Pastikan anda melakukan secara perlahan dan tepat. Klem yang perlu anda lepas ialah klem bagian negatif terlebih dahulu kemudian berlanjut pada bagian klem positif. Setelah semua bagian tadi terlepas mulai dari bagian kabel, baut, maupun klem negatif dan positif, Anda bisa mulai mengambil aki atau accu dengan mengangkatnya secara tegak lurus. Hal ini dilakukan agar cairan pada bagian aki tidak tumpah saat anda mengangkatnya.

  • Lakukan pembersihan bagian aki atau accu secara tepat terutama pada bagian yang berkarat

Setelah aki atau accu yang lama terlepas, maka alangkah selanjutnya anda harus memeriksa bagian kabel dan juga bagian klem aki. Perhatikan dengan baik apakah bagian tersebut mengalami karat atau tidak. Jika pada bagian kabel dan juga bagian klem aki ini mengalami karat, maka Anda bisa membersihkannya. Pembersihan bagian tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan anti karat yang digosokkan dengan halus agar bisa hilang. Karat dan juga berbagai kotoran yang menempel pada bagian tersebut perlu anda hilangkan atau anda bersihkan secara berkala untuk menghindari kotoran untuk menjadi isolator. Isolator ini merupakan sebuah penghalang yang akan menghalangi masuknya aliran listrik.

  • Perhatian cara pemasangan aki atau accu yang baru dengan tepat

Setelah bagian kabel dan klem aki dibersihkan dari berbagai kotoran maupun karat, maka selanjutnya anda perlu memperhatikan cara untuk melakukan pemasangan aki. Berlawanan dengan cara untuk melakukan pelepasan aki, pemasangan aki ini perlu dilakukan dengan cara berikut ini. Pastikan anda meletakkan aki secara tegak lurus pada dudukannya untuk menghindari air aki tumpah. Setelah itu anda perlu melakukan pemasangan kabel positif terlebih dahulu baru kemudian anda memasang bagian kabel negatif. Pastikan anda memasang kabel dan juga menguncinya secara sempurna. Setelah semua terpasang dengan baik, maka Anda bisa mulai untuk mencobanya untuk mengetahui apakah aki yang Anda pasang telah bekerja dengan baik. Setelah itu baru anda bisa menutup kap mobil jika semuanya telah berjalan lancar.

Itulah berbagai hal yang sebaiknya anda perhatikan dan anda lakukan sebagai cara pasang aki mobil yang baik dan benar. Dengan begitu anda bisa segera menggunakan mobil anda dengan lancar seperi biasa.

Ad
Authored by: Della Firdatia