Sebelum Menentukan Menggunakan Kaca Film Mobil Terbaik, Kenali Kebutuhan Anda Dahulu

Sebelum Menentukan Menggunakan Kaca Film Mobil Terbaik, Kenali Kebutuhan Anda Dahulu

Ad

Ketika anda membeli mobil baru, biasanya dari pihak dealer akan memberikan bonus berupa kaca film. Hanya saja kaca film yang diberikan bukanlah kaca film mobil terbaik, hanya berupa kaca film dengan kualitas biasa. Beberapa orang lebih memilih untuk mengganti kaca film mobil bawaan yang diberikan secara gratis daripada menggunakan kaca film dengan kualitas yang rendah. Tak jarang pula merka mengganti kaca film mobil bawaannya karena tidak sesuai dengan yang diinginkan, misalnya saja kaca film bawaannya memiliki persentase kegelapan hanya 20% padahal anda ingin memiliki kaca film yang lebih gelap atau lebih memilih kaca reflektif.

Sebenarnya menggunakan kaca film mobil terbaik bukan sekedar untuk gaya-gayaan saja atau untuk meningkatkan penampilan kendaraan anda. Kaca film memiliki manfaat lebih dari itu seperti untuk menolak panas dari sinar matahari agar tidak masuk ke dalam mobil yang membuat kerja AC menjadi lebih berat karena suhu dalam mobil tidak turun-turun, atau untuk menjaga privasi pengemudi dan penumpang di dalamnya karena jangan sampai anda yang berada di dalam mobil seperti ikan dalam akuarium yang segala pergerakannya dapat dilihat oleh orang lain dari luar. Untuk memilih berapa besar persentase kegelapan yang harus anda gunakan pada kaca film mobil anda pun tidak boleh sembarangan, misalnya saja kaca depan tidak boleh menggunakan kaca film dengan persentase kegelapan mencari 80% karena pada malam hari pengemudi akan kesulitan melihat jalanan yang ada di depannya.

Sebelum anda mencari tahu merk-merk kaca film mobil terbaik untuk dipasang di mobil anda, anda harus mengetahui seberapa besar persentase kegelapan yang boleh anda pasang untuk masing-masing kaca mobil anda agar tidak salah dalam memilih. Jangan sampai anda salah memasang kaca film karena harga kaca film yang terbaik tidaklah murah. Langsung saja, berikut penjelasan lebih lengkapnya.

  • Depan

Sangat dianjurkan untuk kaca depan hanya menggunakan persentase kegelapan sebesar 20% saja. Jika anda merasa 20% masih terlalu terang, maksimal anda hanya bisa menggunakan kaca film dengan persentase kegelapan sebesar 40%, apabila lebih gelap lagi dikhawatirkan bisa terjadi kecelakaan terutama pada malam hari. Pada siang hari, persentase 40% memang sangat membantu untuk mengurangi silau dari matahari, namun pada malam hari sangatlah berbahaya. Jadi lebih baik menggunakan persentase 20% saja, terutama jika anda sering bepergian ke luar kota yang mana penerangan jalan belum tentu ada dibeberapa daerah.

  • Samping

Untuk kaca samping, khususnya kaca samping di bagian depan sebaiknya hanya menggunakan persentase kegelapan sebesar 40% karena jika terlalu gelap, pengemudi akan kesulitan melihat kaca spion. Tentu akan sulit jika hanya bisa mengandalkan kaca tengah saja, karena kaca tengah tidak dapat memperlihatkan kendaraan di samping kanan dan kiri. Maksimal jika anda ingin meningkatkan kegelapannya adalah di 60% saja. Berbeda dengan kaca samping yang di bagian penumpang tengah atau belakang (row 2 atau row 1), anda bisa memilih tingkat kegelapan yang anda inginkan, apakah ingin 20%, 40%, 60% atau 80%.

  • Belakang

Kaca bagian belakang hampir sama dengan kaca samping pengemudi. Jika kaca tengah atau spion tengah di mobil sudah dipasang rayben mode, anda bisa memasang kaca film dengan kegelapan maksimal 40%. Namun bila tidak menggunakan rayben mode, anda bisa menggunakan persentase kegelapan maksimal 60%.

Ad
Authored by: Della Firdatia