Seperti Apakah Awal Mula Penemuan Mobil Dan Siapakah Penemu Mobil?

Seperti Apakah Awal Mula Penemuan Mobil Dan Siapakah Penemu Mobil?

Ad

Kendaraan bermotor, terutama mobil menjadi salah satu kendaraan yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Tidak hanya sebagai kendaraan pribadi saja, namun mobil juga banyak digunakan sebagai angkutan umum seperti taksi dan juga sebagai salah satu sumber usaha seperti rental mobil. Namun tahukah anda siapakah penemu mobil, penemu dari kendaraan bermotor yang sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari ini? Pasti tidak banyak yang mengetahui nama, asal negara dan juga kapan ia berhasil menemukan mobil. Yang pasti ia kalah terkenal dengan penemu telepon atau penemu lampu yaitu Alexander Graham Bell dan Thomas Alfa Edison. Agar anda tidak melupakan jasa orang tersebut yang berhasil menemukan mobil untuk membantu kegiatan anda sehari-hari, anda harus membaca artikel ini hingga selesai.

Seperti penemuan lainnya, mobil berhasil ditemukan atas kerja keras seseorang untuk mengejar impiannya. Dari impian tersebut, semua rintangan akan dilewati tanpa kenal lelah dan pantang menyerah. Sejak jaman dahulu sudah banyak orang yang bereksperimen untuk menemukan alat yang membuat hidup menjadi lebih mudah, tidak bergantung pada hewan untuk bekerja ataupun untuk berkelana ke tempat yang jauh, untuk dapat menjelajahi berbagai daratan yang belum terjamah dengan lebih mudah. Merka yang berhasil akan mendapatkan “gelar” sebagai penemu mobil. Walaupun sebenarnya mobil terus berevolusi dan setiap evolusi memberikan inovasi yang baru dan membuatnya semakin lebih dekat kepada mobil yang kita semua pakai hingga sekarang, dan setiap inovasi tersebut maka orang tersebut juga disebut sebagai orang yang menemukan mobil.

Tahukah anda jika impian memiliki kendaraan bermotor berupa mobil sudah ada sejak jaman Yunani kuno? Hal tersebut dibuktikan dengan adanya sebuah buku yang berjudul Iliad yang ditulis Homer yang secara tidak langsung menjelaskan tentang teknologi automotif yang sederhana karena sebenarnya buku tersebut merupakan kumpulan beberapa puisi yang menceritakan Vulcan yang mampu membuat sepeda dengan 3 roda sebanyak 20 buah hanya dalam sehari. Lalu pada abad ke 15, barulah Leonardo da Vinci membuat mampu membuat kendaraan yang dapat bergerak secara otomatis dalam sketsa yang ia buat. Masih ada banyak lagi penemuan-penemuan yang akan menjadikan kendaraan tersebut menjadi seperti sekarang. Berikut akan dijelaskan secara lebih detail siapa sajakah yang menjadi penemu mobil.

  • 1714

J.H. Genevois yang merupakan seorang pendeta dan peneliti asal Swiss terinspirasi membuat kendaraan otomotif karena ingin menggerakkan gerobak dengan tenaga angin. Ia merasa bahwa gerobak tersebut mampu membawa sebanyak 28 orang dengan kecepatan 30 km/jam. Walaupun baru berupa ide, namun ide dari J.H. Genevois mampu memicu ide baru berupa kendaraan otomotif. Orang pertama yang berhasil menggerakkan kendaraan dengan tenaga angin adalah Otto von Guericke asal Jerman yang akhirnya dikenal sebagai penemu teknologi piston.

  • 1769

Pada jaman revolusi industri, perkembangan sangat cepat. Nicolas Joseph Cugnot asal Perancis berhasil membuat prototype kendaraan dengan 3 roda yang menggunakan mesin uap. Awalnya ia tidak ingin membuatnya untuk digunakan oleh manusia, namun untuk menarik meriam karena itulah rancangan kendaraannya tidak praktis.

  • 1784

Lalu Cugnot dan James Watt bekerja sama, dan akhirnya berhasil mengembangkan sebuah kendaraan dengan tenaga uap yang menarik banyak perhatian.

  • 1789

Oliver Evans asal Amerika Serikat berhasil mematenkan temuannya berupa kendaraan otomotif dengan mesin uap. Walaupun masih sederhana, namun penemuan ini sangat membantu dan memicu peneliti lainnya untung mengembangkan teknologi kendaraan otomotif.

Ad
Authored by: Della Firdatia