Tips Mudah Cara Merawat Mobil

Tips Mudah Cara Merawat Mobil

Ad

Mobil menjadi transportasi penting dizaman sekarang, dengan memiliki mobil maka kita bisa pergi kemana saja dengan mudah, anda bisa dengan mudah pergi dengan keluarga maupun teman. Ketika hujan turun atau panas maka anda tidak perlu takut kehujanan dan kepanasan. Selain itu dengan naik mobil anda bisa beristirahat selama perjalanan. Untuk bisa membeli mobil ada dua cara yang bisa dilakukan, pertama anda bisa membeli mobil dengan cara cash langsung, dan cara kedua anda bisa menggunakan cara kredit. Jika anda ingin membeli dengan cara kredit anda perlu menyiapkan dokumen seperti kartu identitas seperti KTP atau SIM, slip gaji, bukti pajk bumi bangunan atau rekening, NPWP, tagihan kartu kredit selama 3 bulan terakhir, keterangan izin praktek dan dokumen lainnya yang dibutuhkan. Sedangkan untuk anda yang ingin membeli secara cash pastikan membeli mobil ditempat terpercaya, sehingga anda tidak akan mudah dirugikan. Setelah membeli mobil penting juga mengetahui cara merawat mobil dengan baik, jika tidak dirawat dengan baik maka akan sia-sia saja memiliki mobil,  mobil akan mudah rusak dan pastinya anda akan rugi besar.

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk merawat mobil, agar cat mobil tidak mudah terkelupas dan rusak anda harus merawat mobil agar tidak kehujanan dan kepanasan dalam waktu lama, pastikan parkir ditempat yang teduh, namun anda juga jangan parkir dibawah mobil karena berpotensi terkena kotoran burung atau serangga, terkena ranting pohon, dan lainnya. Untuk lebih lengkapnya berikut cara merawat mobil dengan baik :

  • Pilih bahan bakar yang tepat

Sebaiknya pilih bahan bakar yang disesuaikan dengan jenis mobil yang anda miliki, penting mengetahui bahwa semakin tinggi nilai oktan maka bahan bakar akan semakin lambat diproses, manfaat dari bahan bakar ini adalah tidak meninggalkan residu. Agar lebih hemat bahan bakar da juga tips yang perlu diketahui, sesuaikan kecepatan dan stabil, jangan banyak menggunakan rem, gunakan gigi yang tepat jika mobil anda manual, matikan semua AC dan perangkat lainnya, hindari berhenti lama ketika masih dinyalakan,

  • Merawat selanjutnya adalah ganti oli dan oli filter tepat waktu

Penting untuk diketahui bahwa oli mesin memiliki waktu kadaluarsa, oleh sebab itu pastikan mengganti oli tepat waktu. Oli memiliki banyak sekali kelebihan dan fungsi, diantaranya melumasi komponen saat bergesekan, mendinginkan mesin saat bekerja secara ekstra, juga mampu membersihkan mobil dengan baik. Resiko besar tidak mengganti oli antara lain mesin penuh dengan kotoran, oli tidak bisa bekerja secara maksimal dan potensi terjadi kerusakan permanen pada mobil.

  • Isi air radiator dengan cairan radiator

Komponen penting lainnya pada mobil adalh radiator, yang memiliki fungsi sebagai pendingin suhu mesin, pastikan selalu cek radiator, jika radiator kekurangan air maka akan merusak mesin mobil.

  • Cek timing belt, lampu, besi dan signal

Pastikan juga memperhatikan timing belt, besi, lampu dan juga signal. Sebaiknya lakukan penggantian secara rutin jika ada kerusakan.

  • Pastikan memanasi mobil sebelum digunakan, khususnya dipagi hari

Pastikan juga melakukan pemanasan setiap hari sebelum digunakan setiap pagi hari.

Dan masih banyak lagi cara merawat mobil lainnya yang bisa anda lakukan, dengan merawat mobil dengan baik maka mobil mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama, anda masih bisa menggunakan mobil dengan aman dan pastinya nyaman.

Ad
Authored by: Della Firdatia