Waspada Jika Ulir Busi Yang Salah Pemicu Kejadian Berikut

Waspada Jika Ulir Busi Yang Salah Pemicu Kejadian Berikut

Ad

Sebagai salah satu alat yang memudahkan seseorang dalam segala aspek, motor menjadi pilihan yang tepat dan juga serbaguna untuk dipakai seharian. Karena, kendaraan bermotor hanya akan memakai bahan bakar minyak yang menjadi inputan tenaga untuk menjalankan dan menggerakkan motor kita.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu menjaga setiap elemen yang terpasang di motor. Hanya dengan kualitas perawatan yang baik dapat membantu menghilangkan beberapa celah kejadian yang tidak kita inginkan. Maka, harus dibiasakan sebuah kebiasaan yang baik untuk mengambil tindakan kita mengurus motor kita ke pusat service motor.

Namun, tidak semua tempat servis motor dapat dipercaya, maka yang harus dilakukan pertama kalinya adalah mencari informasi yang selengkap-lengkapnya baik itu dari kerabat sendiri atas pengalamannya maupun ciri dari pelayanannya yang memuaskan atau tidak dan juga melayani dengan ramah sepenuh hati.

Terlebih lagi jika ulir busi yang menjadi salah satu pemicu kejadian yang tidak diinginkan. Hampir sangat rentan dari seluruh ulir busi yang ada di kendaraan motor selalu bermasalah. Entah itu merupakan ulah dari para penjual yang nakal maupun merek palsu yang diterima oleh pembeli.

Oleh karena itu, tingkat kewaspadaan yang tinggi sangat diperlukan ketika kita ingin membeli busi yang sudah usang atau tidak bisa dipakai lagi. Nah, makanya saat membeli, perhatikan jenis ulir busi yang didesain serta nomor seri dari perusahaan yang memproduksinya itu. Biasanya, nomor dan juga hurufnya akan tercetak rapi dan teratur. Perhatikan gambar berikut ini :

Nomor Dan Huruf Yang Tercetak Di Sebuah Ulir Busi Asli Dan Palsu

Nah, mengapa harus teliti sampai pada level tersebut? Iya, pasti akan mempengaruhi bagaimana cara kamu untuk tidak salah memilih ulir busi. Terus, selanjutnya ini perlu juga kamu waspadai jika ulir busi yang salah ini menjadi pemicu dari kejadian yang sangat disayangkan yakni :

  • Salah satu tingkat waspada jika ulir busi yang salah akan menjadi pemicu kejadian kinerja mesin yang tidak berfungsi semestinya dengan maksimal. Dalam artian bahwa proses pengapian didalam motor tidak besar dan hanya kecil. Nah, disaat seperti ini akan sangat merugikan jika deratan ulir busi tersebut sangat pendek maupun terlalu panjang.

Panjangnya Deratan Yang Menentukan Pengapian Dari Busi Di Motor

Disaat ketidaksesuaian dengan deratan ulir busi ini maka respon dari ulir busi tersebut akan menghasilkan sisa karbon yang dimana akan menumpuk banyak disekitarnya terutama dibagian yang tidak tertutup. Lebih intensnya, kegunaan ulir busi yang salah juga akan menjadi pemicu kejadian yang tidak cocok pada silinder dari lubang busi dari mesin motornya.

  • Perlu juga ditambahkan bahwa, disaat kita tidak waspada pada ulir busi yang dibeli dan selalu mengabaikan tanda-tanda yang sudah mulai terjadi di motor kamu, biasanya akan terjadi bolongnya kepala piston atau terjadi keretakan yang tak terhingga sampai pada akhirnya membuat gap busi perlahan semakin mengecil.

Makanya, dari kejadian kesalahan pemilihan ulir busi ini dapat menjadi pembelajaran kitakedepannya untuk dapat berhati-hati dan menjadikan ini sebagai bentuk kewaspadaan jika ulir busi yang salah biasanya akan menjadi pemicu dari serangkaian kejadian yang tak diduga-duga.

Baca juga : 5 Cara Membersihkan Mesin Mobil

Ad
Authored by: Indah Fitria