Cara Kerja AC Mobil dan Fungsi Tiap Komponennya                   

Cara Kerja AC Mobil dan Fungsi Tiap Komponennya                

Ad

Memakai AC mobil sekarang ini tentu saja merupakan hal yang biasa. Mobil baru sekarang justru memiliki fasilitas AC mobil yang semakin canggih, namun pernahkah anda bertanya-tanya bagaimanakah cara kerja AC mobil? Jika sewaktu-waktu AC mobilnya rusak, mungkin mengetahui bagaimana cara kerja ac mobil dapat membantu anda menemukan solusi untuk mengatasi masalah ac mobil yang anda hadapi. Sebelum mengetahui cara kerjanya, akan lebih baik jika kita juga mengetahui apa saja komponen dari ac mobil ini beserta fungsinya. Komponen pertama dalah kondensor ac yang berfungsi sebagai pengubah gas freon bersuhu. Setelh itu ada juga komponen yang bernama receiver drier yang berfungsi sebagai penerima panas. Bentuk komponen ini bermacam-macam dilihat dari menyatu atau tidaknya dengan komdensor.

Masih tentang komponen ac mobil dan fungsinya, sekarang kita ke komponen selanjutnya yaitu expansive valve yang merupakan saluran dimana refrigerant cair mengalir. Selain itu ada juga evaporator atau kita kenal juga dengan nama coolig unit. Sedangkan komponen yang terakhir adalah heater unit, yaitu pemanas. Di heater unit ini, udara panas akan dihembuskan saat angin dari blower melewati bagian heater. Dan setelah kita tahu komponen c mobil serta fungsinya, maka kita akan bahas bagaimana cara kerja ac mobil ini. Ini dia cara kerjanya:

  1. Kompressor berputar

Cara kerja ac mobil dimulai dengan berputarnya kompressor ac yang menghisap freon ketika sisi tekanan rendah. Baru setelah itu kompressor akan memompa gas refrigerant agar dapat berjalan ke bagian ondensor ac. Di kondensor ac inilah freon tadi diubah menjadi cair.

  1. Freon Disaring

Setelah itu, maka cairan freon yang telah menjaid cair akan melwati bagian receiver drier agar dapat disaring dari kotoran yang terdapat didalamnya. Disinilah freon yang tadinya berisi kotoran akan difilter sehingga menghasilkan udara yang bersih sekaligus dingin.

  1. Expansive Valve

Baru setelahnya, freaon yang telah disaring tadi akan sampai di bagian expansive valve yang berupa sebuah saluran yang sempit. Dengan saluran inilah, freon cair tadi akan berubah menjadi kabut atau uap.

  1. Evaporator

Selanjutnya, freon cair yang telah menjadi uap atau kabut akan dihisap oleh kompressor dan seperti itulah seterusnya dari langkah pertama hingga yang terakhir secara berulang-ulang selama ac dinyalakan.

 

Jadi, setelah dijelaskan bagaimana cara kerja ac mobil di atas, apakah anda paham bagaimana cara kerjanya? Mengetahui berbagai komponennya tentu akan sangat membentu membuta anda memahami bagaimana cara kerja ac mobil anda. Jika mengetahu komponen sekaligus cara kerjanya, maka saat ada masalah dengan ac mobil anda, maka bukan tidak mungkin anda juga dapat mengetahui bagaimana mengatasi masalah tersebut. Setidaknya anda dapat mengetahui dengan cepat jika ada masalah ekcil yang terjadi pada ac mobil anda. Dan anda mungkin dapat memperbaiki komponen yang menyebabkan masalahnyaa. Jika masalahnya masih ringan, maka anda dapat menghemat biaya service dengan memperbaiki ac mobil anda yang rusak sendiri. Namun, jika tidak memungkinkan maka anda dapat membawanya ke ahlinya untuk diperbaiki. Masalah ac biasanya sering terjadi karena bagian saringannya yang mungkin telah terlalu kotor. Untuk menjaga fungsinya agar tetap berjalan dengan baik, apstikan untuk membersihkan ac anda secara teratur sekaligus memberikan service berkala untuk mesin mobil anda. Karena fungsi ac mobil cukup penting, rawatlah denagn baik.

 

Ad
Authored by: Della Firdatia