Cara Membuat Charger HP Sederhana di Motor

Cara Membuat Charger HP Sederhana di Motor

Ad

Pada saat ini charger adalah salah satu barang yang terpenting untuk dibawa-bawa jika sedang bepergian. Tanpa anda membawa charger jika ponsel kehabisan daya akan menjadi kesulitan. Apalagi bagi anak muda jika ponsel mati karena kehabisan daya bisa mati gaya karena mereka tidak bisa bermain sosial media atau mungkin mereka sedang mau berkumpul dengan teman-teman perkumpulan. Jadi belajar untuk kreatif, anda bisa belajar cara membuat charger hp di motor.

Tidak dipungkiri anak muda kebanyakan menggunakan motor, karena lebih cepat, bebas macet. Nah, motor pun juga memiliki energi listrik. Anda bisa menggunakan sebagian aliran listrik yang ada di motor anda sebagai charger untuk pengisian ponsel anda. Jadi saat anda lagi berada dijalan tiba-tiba daya ponsel anda habis anda bisa langsung mengisi pada motor anda. Charger yang mempunyai fungsi untuk mengisi daya gadget. Apapun gadgetnya seperti laptop, ponsel atau kamera mempunyai charger yang memiliki prinsip kerja yang sama. Tetapi, dalam charger memiliki output range yang berbeda, maka dari itu beda charger beda waktu dalam pengisiannya. Prinsip kerja charger hp memiliki aliran arus listrik ke baterai yang ada di dalam hp. Baterai ponsel mempunyai sifat yang chargable, yang artinya arus tersebut disimpan di dalam baterai kemudian akan digunakan dilain waktu. Arus listrik yang di PLN tidak bisa disalurkan secara langsung pada baterai ponsel karena baterai mempunyai kapasitas yang lebih kecil. Jadi dalam sebuah charger dilengkapi dengan suatu komponen pengubah tegangan dan komponen penyearah. Komponen yang terdapat dalam charger yaitu Dioda Bridge, IC regulator, Capasitor/Elco. Ketiga komponen tersebut yang dapat menghasilkan output berupa listrik DC yang memiliki tegangan 5 volt dengan arus 1-3 ampere. Berikut cara membuat charger hp di motor yang sederhana :

  1. Mempersiapkan alat dan bahan adalah hal pertama yang harus lakukan antara lain IC Regulator 7805, 2 Buah Dioda 5 Amp, Konektor IC, kabel USB. Dan alatnya Solder&timah, solusi. Bahan tersebut bisa anda dapatkan pada toko elektronik.
  2. Mempelajari skemanya dalam membuat rangkaian charger yang sederhana, anda tidak memerlukan PCB. Listrik dan baterai disambungkan ke dioda sebelum masuk ke terminal input IC. Kemudian output dari IC juga disambungkan ke dioda sebelum dihubungkan ke konektor. IC regulator mempunyai tiga kaki, yaitu input, output dan masa. Sebelum anda melakukan eksekusinya anda harus bisa menemukan dan memahami mana kaki-kaki IC tersebut. Dioda juga memiliki kaki tapi hanya dua kaki. Namun saat pemasangan dioda tidak boleh terbalik karena jika posisi terbalik akan memblokir arus listrik. Untuk kabel USB anda bisa gunakan kabel bekas yang masih berfungsi.
  3. Merangkai komponen IC dengan konektor, sebelum itu anda harus mengetahui mana terminal input, output dan massa. Kemudian anda pisahkan kabel konektor IC yang memiliki tiga kabel lalu anda kupas kulitnya. Pasangkan dioda pertama dengan kabel input IC. Arahkan menuju IC atau terminal negatif yang anda sambungkan ke kabel konektor. Anda pasangkan juga dioda yang kedua pada kabel output IC dengan posisi terbalik atau mengarah keluar. Posisi terminal positif dioda yang anda sambungkan dengan kabel. Anda ambil kabel USB, hubungkan kedua kabel tersebut dengan output IC dan kabel massa. Kabel massa bisa disambungkan ke terminal massa IC atau nantinya ke body motor. Sekarang tinggal satu terminal yaitu input yang anda sambungkan dengan baterai atau kunci kontak. Charger dapat mengisi jika dihubungkan ke kunci kotak saat Ignition ON. Dan terakhir anda harus menyambungkan massa body ke massa IC. Jika IC memiliki lubang baut anda hanya cukup menempelkan lubang tersebut ke body motor yang berbahan logam dengan menggunakan baut. Namun jika IC tersebut standar tanpa lubang baut, anda hanya menghubungkan massa ke body motor dengan terminal masa IC. Jadi ada dua sambungan yang mengarah ke body dan USB.

Setelah anda menyelesaikan semua langkah, anda tinggal mencolok ujung USB ke port charger hp anda. Dan arus 12 volt akan menurun sesuai dengan daya pengisian baterai ponsel anda yang memiliki 5 volt. Anda bisa melakukan cara membuat charger hp di motor ini untuk jenis motor apa saja yang terpenting motor tersebut memiliki baterai yang cukup. Maksudnya kondisi motor normal tidak ada masalah dengan sistem kelistrikannya.

Ad
Authored by: Della Firdatia