Jenis Rem Cakram Dan Perbedaan Fungsi Yang Musti Kamu Tau

Jenis Rem Cakram Dan Perbedaan Fungsi Yang Musti Kamu Tau

Ad

Perlu untuk diketahui bahwa disaat kita berkendara di jalan raya, selain bahan bakar minyak yang menjadi penggerak jalannya mesin untuk dapat bekerja juga perlu adanya sebuah rem yang dimana ini merupakan salah satu diantara komponen yang mutakhir harus ada dan selalu dirawat jika kampasnya sudah habis.

Terus, bagaimana sih untuk memilih jenis rem yang bakal cocok dengan fungsi yang jika dipasangkan di kendaraan tidak bakal menimbulkan sesuatu yang rentan pada kecelakaan. Kendaraan yang bakal dibahas disini yakni jenis rem cakram yang melekat pada kendaraan mobil. Karena, bakal banyak jenis dan fungsi dari rem cakram pada mobil.

Sehingga, ini akan menjadi solusi dari sekian banyak jenis rem cakram yang beredar di pasaran. Namun, bicara soal rem cakram juga ada rem tromol yang tidak kalah penting kegunaannya. Nah, rem cakram pada umumnya tersusun dari bahan logam yang dibentuk menjadi piringan. Lalu, untuk mengendalikan piringan yang berputar ketika rda mobil dijalankan maka fungsi dari kampas rem tersebutlah yang berperan penting untuk tindakan pengereman.

Sebelum penjelasan yang lebih lanjut, pertama kamu disini akan diarahkan terlebih dahulu pengimplementasi piringan rem cakram dan perbedaan fungsi yang mustinya kamu tau yakni :

  • Yang pertama, jenis rem cakram ini dinamakan Ventilated Disc. Yang menjadi perbedaan fungsi dari rem cakram ini adalah bahwa piringan rem ini sering dipasangkan di sepeda motor. Dengan ciri-ciri lubang-lubang dan memiliki bentuk piringan yang lebih tipis.

 

  • Yang kedua, jenis rem cakram ini dinamakan Solid Disc. Perbedaan fungsi dari rem cakram ini adalah piringan rem ini lebih banyak digunakan sebagai rem cakramnya mobil dan hampir disemua mobil menggunakannya. Sehingga, bahannya juga terbuat dari besi baja yang kuat dan mempunyai ketebalan yang cukup tebal dan besar serta tidak ada bolongan di seluruh piringannya itu.

 

Nah, jadi dari kedua jenis rem cakram yang dimaksudkan hanya komponen rem cakram mobil yang bakal dibahas secara mendetail sampai ke fungsi-fungsi yang menyusunnya. Lanjut, kemudian ada yang namanya : Booster rem. Fungsi dari orderdil ini tak lain adalah membantu menringankan tingkat tekanan disaat pedal diinjakkan oleh kaki.

Perbedaan fungsi yang menyusun rem cakram mobil berikutnya adalah : Reservoir. Orderdil yang terdapat dibagian pengereman ini mempunyai kegunaan yakni menampung minyak rem sebagai cadangan yang ampuh disaat nanti dibutuhkan. Reservoir ini berhubungan juga dengan silinder yakni master silinder dan juga ada sensor pendeteksi minyak rem.

Lalu, yang tak kalah penting adalah fungsi sebuah selang yang dimana menyalurkan semua kinerja dari pengereman itu sendiri. Selang ini dinamakan sebagai selang hidrolik yang berfungsi mengalirkan minyak rem sampai ke titik tujuan mesin. Makanya, dengan melihat selang ini penting menjadikan selang ini terbuat dari baja yang tahan banting dan kuat agar terhindar dari kebocoran.

Baca juga : Bagian Yang Harus Dirawat Ketika Mempunyai Motor Custom

Ad
Authored by: Indah Fitria